Jumat, 10 Mar 2017 13:32 WIB

Agar Anak Tak Picky Eater, Ini Trik yang Perlu Diterapkan Orang Tua

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Agar anak tak pilih-pilih makanan alias picky eater, ada beberapa trik yang bisa diterapkan orang tua sejak dini. Meski terkesan sepele, hal ini diharapkan bisa membantu memenuhi nutrisi harian anak lho.

Seperti disampaikan nutrisionis sekaligus founder SelfCare India, Suman Agarwal, anak yang picky eater seringkali bermasalah dengan pemenuhan nutrisinya. Karena terlalu memilih dan ogah makan makanan lain selain pilihannya, kebutuhan nutrisi anak seringkali tak terpenuhi.

Padahal di usia balita, kebutuhan nutrisi anak menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk dipenuhi. Salah satunya adalah dengan tidak menjadikan makanan sebagai hadiah, misalnya ketika anak berhasil melakukan sesuatu.

Baca juga: Si Kecil Cuma Mau Makan Nasi dan Ayam Goreng? Ini Trik Agar Mau Konsumsi Sayur

Menurut Agarwal, pola makan anak sangat dipengaruhi oleh orang tuanya. Ketika orang tua sering menjadikan makanan sebagai hadiah, maka anak cenderung akan menjadi picky eater. Anak bisa jadi sudah makan dan hanya mau makan makanan favorit seperti jajanan manis, dan tidak mau makan sayur atau buah. Demikian dikutip dari Times of India.

"Hindari juga kebiasaan memesan makanan restoran saat sedang ada di rumah. Ini akan membuat anak jadi ogah makan masakan rumah. Orang tua sebaiknya selalu kreatif menyediakan masakan rumah. Dari situ, anak tidak akan jadi bergantung pada junk food," imbuh Agarwal.

Hal serupa juga pernah dituturkan oleh DR dr Damayanti Sjarif, SpA(K) dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI, RS Cipto Mangunkusumo. Menurut dr Damayanti, anak suka pilih-pilih makanan dikarenakan orang tua yang sering membatasi apa yang dikonsumsi anak.

"Orang tua jangan suka melarang anak nggak boleh makan ini-itu, nanti dia (anak) bisa jadi pilih-pilih makanan lho," tutur dr Damayanti.

Baca juga: 5 Hal Soal Nutrisi Anak yang Masih Dipercaya, Padahal Mitos

(ajg/up)