Sabtu, 11 Mar 2017 06:08 WIB

Begini Pengobatan Pneumonia pada Anak

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Pneumonia rentan dialami balita, mengingat daya tahan tubuh mereka yang belum matang. Ketika anak didiagnosis pneumonia, apa saja pengobatan yang diberikan?

"Pengobatan utama pasti pemberian oksigen karena kan pasien mengalami sesak napas ya. Kemudian asupan cairan pun harus cukup, dan pemberian nutrisi. Yang dapat ASI tetap ASI, yang tadinya makan kurang, jadi lebih banyak makan," kata dr Nastiti Kaswandani SpA(K), Ketua UKK Respirologi PP IDAI.

Antibiotik biasanya juga akan diberikan pada pasien. Memang, cara efektif dan tidak maha mengobati pneumonia pada anak adalah melalui penggunaan antibiotik. Tetapi, studi di 14 negara menyebutkan hanya 27 persen anak yang diduga mengalami gejala pneumonia yang mendapatkan antibiotik.

Untuk waktu penyembuhan, jika bukan pneumonia berat yang dialami anak, dalam waktu 3 sampai 5 hari anak sudah bisa sembuh. Tapi jika pneumonia berat yang dialami, kadang anak butuh perawatan di ICU. Kondisi yang paling tidak diharapkan, kata dr Nastiti yakni anak sampai butuh alat bantu napas atau ventilator.

Baca juga: Meski Berbahaya Bagi Anak-anak dan Lansia, Pneumonia Bisa Dicegah

"Kalau sampai seperti itu bisa agak lama waktu penyembuhannya, bisa lebih dari 5 hari," ujar dr Nastiti di sela-sela Forum Ngobras 'Harapan Baru Eradikasi Pneumonia di Indonesia' di D'Lab, Menteng, Jakarta pusat, Jumat (10/3/2017).

Ketika anak sudah sembuh dari pneumonia, bisakah kambuh? dr Nastiti mengatakan kuman penyebab pneumonia cukup banyak. Meski memang 50 persen kasus disebabkan kuman Streptococcus pneumoniae, 20 persen disebabkan Haemophillus influenzae, dan 30 persennya disebabkan virus, jamur, dan parasit.

Sehingga, bisa saja anak yang sudah sembuh dari pneumonia tapi kemudian terinfeksi kuman yang berbeda. Apalagi, mengingat pneumonia merupakan penyakit yang menular melalui udara seperti lewat bersin, batuk, dan berbicara.

Baca juga: Anak yang Sakit Campak Diberi Air Kelapa Hijau Agar Cepat Sembuh?

(rdn/up)