Senin, 03 Apr 2017 13:07 WIB

Kalau Nutrisinya Bagus, Anak Akan Lebih Leluasa Eksplorasi

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: iStock
Surabaya - Asupan makanan yang diberikan kepada anak tidak hanya berguna untuk membuatnya tinggi atau menambah berat badannya. Faktanya, makanan juga berfungsi sebagai pelindung bagi anak.

Pada dasarnya, nutrisi yang dibutuhkan anak adalah yang sesuai dengan umur, tinggi dan berat badannya saat itu. Bukan hanya makanan yang dimaui anaknya saja.

"Jadi kita nggak bisa ngasih sesuai keinginannya dia saja. Ada ukurannya supaya anak bisa tumbuh dengan benar dan bagus," tegas Dr dr Roedi Irawan, MKes, SpA(K) di sela-sela konferensi pers Nestle Dancow Explore Your World di Royal Plaza Surabaya, baru-baru ini.

Di sisi lain, makanan yang diberikan kepada anak juga harus mendukung serta melindungi sistem respons imun atau kekebalan tubuhnya. Pada anak, daya tahan tubuhnya ditentukan oleh kesehatan sistem pencernaan mereka.

"Karena semua bahan dari luar akan lewat pencernaan dulu, jadi kita harus memperkuat ususnya dulu," ungkapnya.

Baca juga: Saran Psikolog Agar Anak Tumbuh Jadi Pribadi 'Sangat Keren'

Lantas nutrisi seperti apa yang baik untuk sistem pencernaan anak? Pertama, karbohidrat, protein dan lemak (makronutrien). Menurut konsultan nutrisi dan penyakit metabolik anak dari RSUD Dr Soetomo itu, orang awam tak perlu repot-repot menghitung berapa besar kalori yang dibutuhkan anak, misalkan. Yang terpenting berikan makanan sesuai porsi anak pada umumnya saja.

Untuk penunjangnya, anak juga harus diberi asupan yang mengandung vitamin A, C, D, E, zat besi dan selenium. Mikronutrien ini juga bisa diperoleh dari susu.

"Susunya juga harus memiliki kandungan yang sesuai dengan sistem pencernaan kita. Tapi utamanya kita perlu memperbanyak bakteri baik, salah satunya Lactobacillus rhamnosus. Terbukti dalam penelitian bahwa bakteri ini dapat memperbaiki daya tahan tubuh," paparnya.

dr Roedi menambahkan, pastikan asupan anak juga mengandung serat atau inulin. "Inulin itu isinya oligosakarida dan galakto-oligosakarida. Itu makanan untuk Lactobacillus rhamnosus tadi," imbuhnya.

Dengan nutrisi yang tepat inilah, orang tua bisa yakin, tidak takut dan percaya diri ketika membiarkan anaknya bereksplorasi karena mereka telah terlindungi.

Baca juga: Bikin Jantungan Orang Tua Tapi Ini Pentingnya Stimulasi untuk Anak (lll/vit)