Rabu, 05 Apr 2017 10:35 WIB

Kapan Ya Wajarnya Gigi Susu Mulai Tanggal? Ini Kata Dokter

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Gigi susu pasti akan tanggal, kemudian digantikan oleh gigi permanen. Namun kapan ya sebenarnya gigi ini akan mulai tanggal?

Menurut dokter gigi sekaligus founder dari Vatsalya Dental, India, Dr Srivats Bharadwaj, gigi susu umumnya akan mulai tanggal untuk kali pertama saat anak berusia enam tahun. Biasanya akan dimulai pada gigi seri bagian bawah.

"Berikutnya akan ikut tanggal secara berurutan dan berkala sampai anak berusia kira-kira 12 tahun," ungkap Bharadwaj, seperti dikutip dari Times of India.

Apa efeknya ketika gigi susu tanggal sebelum anak berusia enam tahun? Bharadwaj menuturkan hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Namun pastikan anak rutin dicek ke dokter agar riwayat kesehatan giginya dapat ditelusuri.

Baca juga: Cegah Infeksi, Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Gigi Anak Tanggal

Nah, ketika gigi anak tanggal terlalu dini dan tidak diberikan perawatan yang tepat, maka risikonya adalah kerusakan pada pertumbuhan gigi permanennya. Bharadwaj menuturkan, hilangnya gigi susu secara dini dapat berpengaruh pada perkembangan rahang, struktur hidung dan posisi gigi permanen kelak.

Hal serupa juga pernah disampaikan oleh Head of Professional Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk, drg Ratu Mirah Afifah, GCClintDent., MDSc. Menurutnya, gigi susu punya peran penting untuk mempertahankan ruang tumbuh rahang. Ketika kemudian gigi susu tanggal sementara gigi tetap belum akan tumbuh, maka pertumbuhan dan perkembangan rahang anak bisa terganggu.

"Misalnya gigi susu biasanya tanggal saat anak berusia 6 tahun, tapi ini umur 2 tahun sudah tanggal duluan, nanti si gigi tetapnya tumbuh tidak punya arah atau guidance, ruang rahangnya juga jadi tidak berkembang sempurna. Jadi memang gigi susu harus dipertahankan jangan sampai tanggal duluan atau rusak," imbuh drg Mirah.

Dikatakan oleh drg Mirah, gigi susu yang tanggal sebelum waktunya sangat berisiko menyebabkan gigi tetap jadi tumbuh berantakan dan tak rapi. Dibandingkan gigi tetap, gigi susu memang lebih mudah rusak dan patah karena lapisan enamelnya yang lebih tipis. Jumlah gigi susu adalah 20, sementara gigi tetap 32, oleh sebab itu gigi susu dan rahang benar-benar harus dijaga supaya ruang tumbuh untuk gigi tetap bisa maksimal dan teratur.

Baca juga: Ketika Anak Ogah Minum Susu Tawar dan Hanya Mau yang Manis (ajg/vit)