Jumat, 07 Apr 2017 13:34 WIB

Cara Menjadi Pendengar yang Baik untuk Teman yang Depresi

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Ketika seseorang mengalami depresi, terapi pertama yang disarankan oleh para ahli adalah agar dirinya bercerita dan mencurahkan masalahnya kepada orang terdekat. Dengan berbagi cerita tersebut, diharapkan beban emosi nantinya bisa jadi lebih ringan.

Nah bagi yang dijadikan teman mendengar, bagaimana sih caranya untuk menjadi pendengar orang depresi yang baik?

Menurut psikolog Ratih Andjayani Ibrahim yang pertama adalah seorang pendengar harus bisa berempati. Perlihatkan bahwa ia peduli pada masalah lawan bicaranya dan tanggapi dengan serius.

"Kita memang enggak bisa membuat dia (lawan bicara -red) selalu happy karena kita bukan pelawak. Seringkali yang dibutuhkan dari seseorang itu memang teman bercerita, dengan mendengar saja sudah bisa membantu meringankan beban," kata Ratih pada acara Hari Kesehatan Sedunia di SMPN 12 Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (7/4/2017).

Baca juga: Remaja Browsing Lima Jam Lebih dalam Sehari, Mungkin Gejala Depresi

Dr dr Suzy Yusna Dewi, SpKJ, dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr Soeharto Herdjan dalam kesempatan yang sama mengatakan teman curhat bisa juga membantu dengan memberikan solusi-solusi masalah. Hanya saja perlu diperhatikan agar jangan memaksa dan menghakimi.

"Cari apa sih masalahnya coba kasih solusi problem solving tapi yang menentukan teman kita itu sendiri jangan 'kalau menurut gue begini-begini, itu paling bagus'. Kasih pilihan solusi berapa macam karena biasanya orang yang sudah depresi itu susah cari solusi," kata dr Suzy.

"Jadi sebagai teman, kita yang membantu memberikan solusi. Tapi ketika tetap tidak bisa juga berarti memang sudah waktunya lari ke profesional," pungkasnya.

Baca juga: Curhat Bisa Jadi Cara Bagi Remaja Hindari Depresi

(fds/ajg)