Senin, 01 Mei 2017 18:08 WIB

Pemberian MPASI Buatan Rumah Vs Instan untuk si Kecil

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Halaman 1 dari 8
Foto: thinkstock
Jakarta - Bicara soal Makanan Pendamping ASI alias MPASI, sebenarnya Ibu bisa membuatnya sendiri di rumah. Tapi, untuk alasan praktis, kadang dipilih MPASI instan yang banyak tersedia di pasaran.

Terkait hal ini, dr Wiyarni Pambudi SpA, IBCLC mengatakan memang MPASI instan sudah diproduksi dengan aman dan mengikuti Standar Nasional Indonesia (SNI). Komposisinya pun mengikuti zat gizi yang disyaratkan untuk kebutuhan bayi. Jika dilihat dari segi kepraktisan, menurut wanita yang akrab disapa dr Wi ini mungkin saja praktis.

"Cuma concern-nya, sebisa mungkin ini sebagai alternatif aja. Karena kalau kita lihat, MPASI yang dibuat sendiri di rumah itu aset keluarga lho," kata dr Wi saat berbincang dengan detikHealth.

Aset keluarga yang dimaksud dr Wi di sini, yakni dengan membuat MPASI home made, otomatis ibu akan mendapat pengetahuan dalam mengolah segala macam bahan makanan untuk menu rumahan, sebagai bahan membuat MPASI. Nah, nantinya pengetahuan ini bisa diturunkan kepada sang anak.

Ibaratnya, kata dr Wi, menu MPASI bisa jadi resep turun menurun yang diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Beda kondisinya ketika seorang ibu lebih memilih MPASI instan, pastinya tidak ada resep yang diturunkan kepada sang anak kelak.

"Akhirnya berhenti di si ibu. Padahal, makanan lokal kita bervariasi lho," ujar dr Wi.

Terlebih, mengolah sendiri MPASI secara tidak disadark juga membuat Ibu lebih kreatif. Pasalnya, ibu diharapkan bisa memutar otak dalam memvariasikan menu agar si kecil tidak bosan. Meski demikian, keputusan dalam memberi anak MPASI dikembalikan lagi ke keputusan masing-masing keluarga.

Baca juga: Ini Alasannya MPASI Baru Diberi Saat Bayi Berusia 6 Bulan

Jangan lupa, dalam memberi MPASI untuk anak pastikan tujuh faktor pentingnya sudah terpenuhi. Apa saja? Ini dia ketujuh faktor berikut: (rdn/up)