Jumat, 12 Mei 2017 19:05 WIB

Kaitan Penggunaan Gadget dan Waktu Tidur dengan Risiko Obesitas Balita

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Pengaturan waktu tidur dan penggunaan gadget yang baik dapat membuat balita memiliki emosi yang stabil. Pakar meyakini hal ini ada hubungannya dengan risiko obesitas.

Dalam penelitian terbaru yang dipublikasikan di International Journal of Obesity, peneliti menemukan bahwa risiko obesitas turun jika balita memiliki kontrol emosi yang lebih baik. Salah satu cara membuat balita memiliki kontrol emosi yang baik adalah dengan membatasi waktu penggunaan gadget dan televisi serta jam tidur yang teratur setiap hari.

"Anak usia 3 tahun yang jadwal tidur, makan dan penggunaan gadget-nya teratur, memiliki emosi yang lebih. Risiko mereka mengalami obesitas pun berkurang hingga usia 11 tahun atau pra-remaja," tutur Sarah Anderson, peneliti dari Ohio State University, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Obesitas Anak Tak Melulu karena Kebanyakan Makan

Penelitian dilakukan pada 10.995 anak yang lahir pada tahun 2000 dan 2002. Orang tua diminta mengisi survei dan kuesioner soal kesehatan anak, termasuk waktu penggunaan gadget, jadwal tidur, dan jadwal makan mereka pada usia 3 dan 11 tahun.

Hasil penelitian menyebut 47 persen anak yang jadwal makannya teratur memiliki kontrol emosi yang lebih baik. Hasil ini juga terlihat pada 23 persen anak yang jam penggunaan gadget-nya tak lebih dari satu jam.

Di sisi lain, kontrol emosi dinilai menggunakan skala 1 hingga 5. Berkurangnya satu poin kontrol emosi meningkatkan risiko obesitas hingga 38 persen.

Anak yang jam tidurnya tidak teratur memiliki nilai kontrol emosi 2 ke bawah. Hasilnya, risiko obesitas meningkat 87 persen di usia 11 tahun.

"Emosi yang buruk dan kurangnya jam tidur merupakan faktor risiko obesitas. Dua faktor ini bisa jadi tidak berkaitan, namun yang jelas hasil penelitian menyebut dua-duanya dipengaruhi oleh jadwal tidur dan penggunaan gadget saat balita," paparnya.

Baca juga: Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Bagi Anak Terasa Hingga Dewasa (mrs/vit)