ADVERTISEMENT

Sabtu, 10 Jun 2017 11:17 WIB

Tips Agar Anak Tak 'Kaget' Bertemu Keluarga Jauh Saat Mudik

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi membawa anak saat mudik (Foto: thinkstock)
Jakarta - Ketika kembali ke kampung halaman, para orang tua mengharapkan anaknya bisa berkomunikasi dan bersosialisasi dengan keluarga jauhnya. Untuk mewujudkannya gampang-gampang susah. Hal ini juga diakui oleh psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani.

"Apalagi jika ketemunya baru pertama kali atau cuma satu tahun sekali, anak lebih banyak waktu untuk mengenal," ujar wanita yang akrab disapa Nina tersebut kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak bisa bersosialiasi saat tiba di tempat tujuan. Pertama adalah dengan menceritakan mengenai siapa saja yang akan ia temui di sana. "Lengkapi dengan foto jika ada," tambah Nina.

Baca Juga: Bayi Usia Satu Bulan dalam Keadaan Sehat Boleh Kok Diajak Mudik

Jelaskan pula seperti apa watak dan sifat keluarga di sana dengan nada positif. "Seperti misalnya, 'ini kakek, dia sangat suka sama kamu jadi dia mungkin akan gendong-gendong kamu'," contohnya.

Jika ingin mengenalkan sifat keluarga yang kurang baik, ungkapkan pada anak dengan nada positif. Misalnya ada tante yang punya sifat pemarah, jelaskan dengan kalimat 'tante memang suka mengomentari segala hal, ini ia lakukan karena ia sayang kamu.' Ingatkan terus mengenai mereka agar anak merasa lebih mengenal mereka.

Selain itu, Anda juga bisa mempraktikkan hal apa saja yang ia harus lakukan ketika sampai. Sebab, menurut Nina dalam usianya, anak masih cukup susah untuk memvisualisasikan omongan dari orang lain. "Jangan hanya dibilangin aja. Bila perlu praktikkan juga saat ketuk pintu dan mengucapkan salam," terangnya.

Baca Juga: Agar Perjalanan Mudik yang Lama Terasa Menyenangkan Bagi si Kecil, Ini Tipsnya

Ketika sampai di tempat mudik, meminta anak untuk bersalaman dengan anggota keluarga lainnya boleh-boleh saja. Tapi jangan memaksa. Berikan alternatif seperti ajakan tos, mengelus rambut atau punggung.

Tips lain yang bisa menambah keakraban anak dengan anggota keluarga di kampung halaman adalah dengan membawa mainan favorit anak. Tapi, bawalah mainan yang bisa dimainkan bersama-sama. Dengan begitu, anak bisa merasa senang dan terhibur selama mudik, sekaligus mengenal sanak saudaranya di sana. (up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT