Jumat, 15 Jun 2018 09:45 WIB

Ini Pentingnya Minyak Ikan untuk Pertumbuhan Si Kecil

Tia Reisha - detikHealth
Foto: Shutterstock
Jakarta - Asupan nutrisi pada Si Kecil dalam periode golden age sangat perlu diperhatikan. Periode tersebut merupakan masa di mana perkembangan Si Kecil berlangsung dengan pesat. Tak terkecuali perkembangan otak Si Kecil yang terjadi pada 6 tahun pertama usianya.

Oleh karena itu, pastikan seluruh nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil selalu tercukupi. Salah satunya dengan memberikan asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan. Faktanya, omega 3 sangat baik untuk proses pertumbuhan sel-sel syaraf, termasuk sel otak.

"Omega 3 adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh karena merupakan asam lemak tidak jenuh, yang diperlukan untuk seluruh sel-sel tubuh dapat berfungsi dengan baik. Terutama dalam membantu tumbuh kembang dan fungsi kognitif pada anak," ujar Medical Officer Kalbe, dr. Claudia Anggi Citra Putri, kepada detikHealth.


Selain itu, omega 3 juga mengandung DHA dan EPA yang dapat membantu tumbuh kembang anak.

"Minyak ikan kaya akan omega 3. Omega 3 dengan kandungan DHA dan EPA merupakan salah satu nutrisi yang dapat membantu tumbuh kembang Si Kecil. DHA memiliki peran penting pada perkembangan sel-sel otak, membantu perkembangan kemampuan motorik dan ketajaman penglihatan, serta membantu dalam metabolisme lemak pada anak," jelasnya.

Sementara EPA lebih memiliki peran penting pada pola tingkah laku dan mood. Kombinasi dari DHA dan EPA terbukti memberikan manfaat terhadap perkembangan otak Si Kecil.

Namun ada beberapa anak yang tidak suka makan ikan sehingga asupan omega 3 tidak terpenuhi dan menghambat pertumbuhannya. Sebagai solusi, berikan suplemen minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 serta mengandung EPA dan DHA.

"Pada kondisi di mana asupan makanan dirasa tidak dapat mencukupi kebutuhan omega 3 harian, penggunaan suplemen dapat dipertimbangkan. Kelebihan dari suplemen adalah praktis dan lebih terjangkau sehingga Si Kecil bisa mendapatkan zat gizi yang lengkap," kata dr. Anggi.


Minyak ikan juga bisa didapat dari berbagai jenis ikan, tapi yang paling banyak mengandung omega 3 adalah ikan tuna. Minyak ikan tuna mengandung omega 3 hingga 28 kali lebih banyak dibanding ikan air tawar biasa.

Minyak ikan tuna juga mengandung selenium yang terkandung dalam tuna dan berfungsi sebagai antioksidan yang bekerja untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.Sehingga Si Kecil bisa melawan penyakit dan infeks serta tidak mudah sakit.

Berbagai nutrisi penting dari ikan tuna pada Cerebrofort Marine Gummy, satu-satunya gummy sehat yang mengandung minyak ikan tuna dan diperkaya dengan DHA serta EPA yang sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak Si Kecil. (idr/idr)