Senin, 07 Nov 2016 15:39 WIB

Cek di Sini, Mitos yang Paling Sering Dikeluhkan Ibu Menyusui

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Halaman 1 dari 7
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Surabaya - Banyak hal yang dimitoskan ketika seorang ibu memasuki masa menyusui. Mitos ini bisa muncul dari berbagai sumber, mulai dari orang tua, nenek, teman hingga tetangga.

Padahal belum tentu semuanya benar. Seperti diungkapkan dr Meta Hanindita, SpA dari RS Dr Soetomo Surabaya. Beberapa kali ia mendapatkan keluhan dari pasien tentang mitos-mitos semacam ini.

"Saya tuh bete dok, karena suka makan yang pedas-pedas, tapi karena menyusui jadi nggak bisa terus malas makan," tuturnya menirukan keluhan pasien saat dijumpai di Surabaya baru-baru ini.

Melihat kondisi pasiennya yang seperti ini, dr Meta justru khawatir karena ketika si ibu jadi malas makan, maka ini akan berdampak langsung pada produksi ASI-nya.

"Sebetulnya apabila ibu makan pedas selama menyusui, bukan berarti ASI-nya langsung pedes kemudian bayinya mencret," tandasnya.

Ini hanya satu dari sekian mitos yang dihadapi para ibu menyusui di luar sana. Selain mitos soal makan pedas, apa lagi ya mitos yang dimaksud? Berikut paparannya seperti dikutip dari Mommyclopedia, Panduan Lengkap Merawat Bayi 0-1 Tahun karangan dr Meta.

Baca juga: Ibu Menyusui Makan Makanan Pedas dan Asam, Rasa ASI Tidak Berubah Kok (lll/vit)