Rabu, 25 Feb 2015 13:31 WIB

Bayi Prematur Ini Lahir dengan Kantong Ketuban Masih Utuh

- detikHealth
Silas Philips (youtube) Silas Philips (youtube)
California, Amerika Serikat - Tangan dan kaki bayi Silas Philips jelas terlihat dari dalam kantong ketuban saat tim dokter dari Cedars-Sinai Medical Center, California, mengeluarkannya dari perut sang ibu lewat caesar. Para dokter terkejut dan kagum karena kantong umumnya 'pecah' selama proses melahirkan.

Kantong ketuban berisi cairan berwarna keruh di mana bayi berkembang dan tumbuh. Cairan berfungsi melindungi bayi dari guncangan, cedera, dan menjaga suhu bayi agar tetap konstan.

Baca juga: Hai Ibu Hamil, Perhatikan Ini Agar Ketuban Tak Pecah Dini

Dokter mengatakan kelahiran Philips adalah salah satu keajaiban medis karena saat lahir kantongnya benar-benar dalam kondisi utuh. Dr William Binder yang membantu kelahiran bahkan sempat memfoto Philips bernapas di dalam kantung ketuban yang sudah dikeluarkan dari rahim.

"Meski terdengar klise, napas kami sempat terhenti. Momen itu benar-benar membuat kagum ... dan ini akan menempel lama dalam ingatan saya selama beberapa waktu," ungkap Dr Binder.

Sang ibu, Chelsea, mengaku awalnya tidak tahu apa yang terjadi ketika melahirkan. Tapi kemudian ia melihat foto yang diambil oleh Dr Binder dan menyadari hal apa yang baru ia dan anaknya alami.

"Sangat keren untuk dilihat. Dan saat saya dengar bahwa ini adalah sesuatu yang sangat langka saya berpikir 'Oh ya ampun kamu adalah bayi yang spesial,'" ujar Chelsea kepada media lokal CBS dan dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (25/2/2015).

Meski lahir dengan usia 26 minggu, Philips memiliki kondisi kesehatan yang bagus. Dokter mengatakan kemungkinan besar Philips bisa pulang kerumah pada bulan Maret depan.

Berkaitan dengan hal tersebut aktris kondang asal Amerika Serikat, Jessica Alba, juga punya pengalaman serupa. Anaknya lahir dengan kondisi serupa dan kejadian tersebut menjadi inspirasi untuk nama anak yang Jessica panggil Haven.

Baca juga: Tanpa Bayi Tabung, Wanita Ini Lahirkan Bayi Kembar Lima Sekaligus

(up/up)