Jumat, 13 Mar 2015 12:18 WIB

Bayi Baru Lahir Kaget-kaget Saat Tidur, Apa Sebabnya?

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Pada bayi baru lahir, sering kali terlihat seperti kaget pada saat tidur. Ketika kaget, tangannya sampai terentang. Apakah ini pertanda bayi tidak tidur dengan nyenyak?

"Gerakan itu adalah bagian dari refleks untuk proteksi bayi," kata dr Rini Sekartini, SpA, mengomentari gerakan seperti kaget yang terlihat pada bayi baru lahir. Hal itu disampaikan dia dalam temu media peluncuran Pampers Baby-Dry Pants di Hotel Pullman, Thamrin, Jakarta Pusat, dan ditulis pada Jumat (13/3/2015).
 
Gerakan refleks semacam itu adalah bagian alamiah perkembangan bayi. "Hal tersebut akan menghilang pada usia 3 bulan," imbuh dr Rini.

Baca juga: Bayi Tersenyum Saat Tidur karena Diajak Bercanda Makhluk Halus? Itu Mitos
https://health.detik.com/read/2014/09/30/140738/2705308/1300/bayi-tersenyum-saat-tidur-karena-diajak-bercanda-makhluk-halus-itu-mitos


Terkait refleks, bayi baru lahir memang memiliki beberapa refleks. Berikut ini beberapa refleks bayi yang dikutip dari buku 'Anak Sehat: 100 Solusi dr Tiwi, Panduan Lengkap Kesehatan Bayi 0-24 Bulan' karya dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA, MARS:

1. Refleks Rooting

Ini merupakan refleks yang mendorong bayi menemukan payudara ibunya untuk menyusu. Untuk mendapati refleks ini, cobalah menyentuh pipi bayi baru lahir dengan jati telunjuk, maka bayi akan menengok ke arah telunjuk sembari membuka mulutnya seperti hendak menyusu. Tak cuma pipi, jika bibir bawah bagian tengah disentuh, bayi juga akan membuka mulutnya.

Jadi ketika bayi berusaha mengisap jari yang menyentuh bibir bawahnya, itu bukan pertanda dia haus. Namun itu memang refleks rooting yang dimilikinya. Umumnya refleks ini akan menghilang saat bayi berusia 4 bulan.

2. Refleks Sucking

Begitu jari atau puting susu disodorkan ke mulut bayi baru lahir, dengan sigap dia akan mengisapnya. Tidak ada seorang pun yang mengajari bayi mengisap, karena ini merupakan refleks yang muncul saat lahir dan akan menghilang seiring meningkatnya usia bayi.

3. Refleks Moro

Jika ada suara atau gerakan yang mengejutkan, bayi merentangkan tangan dan kakinya. Umumnya saat ada yang membuatnya terkejut, bayi baru lahir juga akan melengkungkan punggung dan melemparkan kepala ke belakang. Ini adalah refleks moro, refleks yang muncul untuk mempertahankan diri pada bayi baru lahir.

Refleks inilah yang muncul pada saat bayi tampak seperti terkaget-kaget saat tidur. Biasanya refleks moro akan menghilang di usia 2-3 bulan.

4. Refleks Babinski

Merupakan refleks yang muncul saat telapak kakinya disentuh. Biasanya bayi akan menarik kakinya atau jari-jarinya mengembang saat telapak kakinya disentuh. Umumnya refleks ini akan tetap ada sampai usia 8 bulan dan akan menghilang di usia 9-12 bulan.

5. Refleks Palmar Grasp

Adalah refleks menggenggam pada bayi jika jari atau telapak tangannya disentuh. Karenanya kurang dianjurkan pemakaian sarung tangan yang berlebihan pada bayi usia 2-3 bulan. Biasanya refleks ini menghilang di usia 5-6 bulan, berlanjut tangan bayi mulai berfungsi meraih sesuatu.

6. Refleks Tonic Neck

Merupakan refleks mempertahankan posisi leher atau kepala yang muncul saat bayi ditelentangkan. Jadi kepala bayi akan berpaling ke satu sisi, sementara badannya tetap telentang. Refleks yang terlihat jelas di bayi usia 2-3 bulan ini akan menghilang saat usianya 4 bulan.

(Nurvita Indarini/Nurvita Indarini)