Senin, 20 Jul 2015 08:25 WIB

Otak sedang Berkembang, Wajar Jika Bayi Baru Lahir Rewel di Malam Hari

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Begadang saat anak baru lahir memang wajar. Apalagi, di malam hari si kecil kerap kali menangis meskipun ada pula bayi yang cenderung tidak terlalu rewel saat tidur.

Terkait hal ini, dr Hari Martono, SpA dari RSPI-Pondok Indah mengatakan bayi terbangun malam hari itu sangat wajar. Biasanya, ketika usia bayi memasuki 4-6 bulan, tidur malamnya baru bisa teratur. Dikatakan dr Hari, pola tidur sering terbangun mala mini karena bayi sedang mengalami pertumbuhan otak di usia 1-4.

"Jadi wajar apabila bayi kerap bangun malam hari. Selain karena pertumbuhan otak bayi yang baru lahir dari dalam kandungan belum bisa membedakan siang hari dan malam hari," kata dr Hari dalam keterangan tertulisnya kepada detikHealth dan ditulis pada Senin (20/7/2015).

Maka dari itu, menurut dr Hari penting untuk melatih bayi agar mengerti bahwa malam hari adalah waktu untuk tidur. dr Hari menyarankan, sebisa mungkin baiknya gelapkan atau gunakan sedikit cahaya. Saat tidur malam, disarankan agar bayi tidur di satu kamar bersama ibunya karena hal itu akan membuat bayi lebih tenang.

Baca juga: Kurang Tidur, Anak Bisa Rewel dan Tumbuh Kembangnya pun Terganggu

"Baiknya satu kamar namun tidak satu tempat tidur. Para orang tua juga harus responsif saat bayinya terbangun di malam hari. Lalu, usahakan agar waktu tidur siang jangan terlalu lama yang dapat menyebabkan bayi bisa terjaga pada malam hari," imbuh dr Hari.

Apalagi, yang umum terjadi yakni bayi tidur lama saat siang hari. Untuk itu, kebiasaan seperti ini perlahan harus diubah, caranya dengan ketika memang sudah waktunya jam menyusui bayi boleh dibangunkan agar ia menyusu.

Selain karena otaknya sedang berkembang, bayi juga sering terbangun di malam hari karena lapar. Maka dari itu dianjurkan pada siang hari agar waktu menyusui jangan sampai ditunda sehingga kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi. Dengan begitu, di malam hari bayi tidak bangun karena rasa lapar. Penyebab lain, lanjut dr Hari yang membuat anak kerap terbangun di malam hari bisa juga karena tidak nyaman akibat habis buang air atau merasa kesepian.

Baca juga: Pada Anak-anak, Kurang Tidur Bisa Pengaruhi Perilaku


(rdn/up)