Kamis, 17 Sep 2015 14:05 WIB

Wow, Wanita-wanita Ini Berulang Kali Melahirkan Bayi Kembar (1)

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Dewasa ini, orang tua yang mendambakan anak kembar bisa mendapatkannya dengan mudah lewat prosedur in vitro fertilization atau bayi tabung. Kendati begitu ada juga ibu-ibu yang berhasil melahirkan anak kembar berkali-kali tanpa bantuan apapun.

Seperti dugaan, apa yang terjadi pada mereka merupakan sebuah kelangkaan. Penasaran siapa saja mereka? Simak pemaparannya seperti dirangkum detikHealth, Kamis (17/9/2015) berikut ini.

Baca juga: 5 Faktor yang Pengaruhi Hamil Kembar Selain Keturunan

1. Michele Dawson
Michele dan suaminya sudah memiliki sepasang putri kembar yang diberi nama Lilly dan Sophie. Namun saat usia keduanya genap 6 tahun, tepatnya pada tahun 2011, Michele sekali lagi melahirkan dua bayi kembar perempuan. Kali ini Michele dan suaminya, James memberi mereka nama Isabella dan Chloe.

Uniknya kedua pasang anak kembar keluarga Dawson yang tinggal di Hertfordshire, Inggris itu sama-sama kembar identik dan dilahirkan tanpa bantuan obat kesuburan maupun IVF. Padahal peluang untuk memiliki dua pasang anak kembar identik secara alami diperkirakan hanya terjadi tiap 1 juta kelahiran saja.

Dua pasang putri kembar Michele: Lilly-Sophie (atas) dan Isabella-Chloe (Foto: Mirror)

2. Carla Sohdi
Setelah empat tahun menunggu, pasangan asal Surrey, Inggris, Carla dan Jag akhirnya dikaruniai keturunan dengan bantuan IVF. Anak pertama mereka adalah si kembar Rose dan Sonya yang lahir pada tahun 2012. Namun beberapa minggu kemudian, Carla dikejutkan dengan kabar bahwa ia dinyatakan hamil lagi.

Hasil USG saat kandungan Carla memasuki 12 minggu menunjukkan ia tengah mengandung bayi kembar laki-laki. Bedanya, kembar kedua ini didapatkan Carla secara alami. Setelah lahir, keduanya diberi nama Antonio dan Zachary.

Uniknya, Carla mendapatkan dua pasang anak kembar hanya dalam kurun kurang dari satu tahun. Karena saat si kembar Antonio-Zachary berusia tiga hari, kakak kembar mereka baru berusia 1 tahun. Kemungkinan untuk melahirkan dua pasang anak kembar dalam waktu berdekatan, apalagi kurang dari setahun seperti ini sangatlah langka, yaitu hanya 1 berbanding 50.000.

Dua pasang anak kembar Carla: Rose-Sonya (berdiri) dan Anthony-Zachary (Foto: London Image)

3. Sara Jones
Di usia 33 tahun, Sara telah tiga kali hamil dan melahirkan tiga anak kembar secara alami. Anak kembar Sara yang pertama adalah Liam dan Niahm (saat ini 13 tahun), Aoife dan Shay (5); dan di tahun 2011, kembar ketiga Sara lahir, yakni Keeva dan Ceira.

Uniknya, jarak kelahiran antara anak kembar kedua dan ketiga Sara hanyalah 10 bulan. Di samping itu, ketiga pasang anak kembar merupakan kembar laki-perempuan atau non-identik. Sara pun diklaim sebagai satu-satunya wanita di Inggris yang memiliki 'prestasi' ini dengan peluang hanya 1:500.000 saja.

Tiga pasang anak kembar Sara: Liam-Niahm (paling besar), Aoife-Shay dan Keeva-Ceira yang paling muda (Foto: Sunday Mirror)

4. Tressa Montalvo
Tressa dan Manuel sebenarnya hanya ingin memberi adik kepada putra pertama mereka, Memphis. Pasangan asal Texas ini lantas mencoba menggunakan cara alami, dan berhasil. Bahkan saat usia kandungannya memasuki 10 minggu, Tressa diberitahu jika dirinya mengandung anak kembar.

Namun pada pemeriksaan berikutnya, dokter malah mendeteksi adanya detak jantung ketiga. Saat itulah dokter mengatakan Tressa akan memiliki empat bayi. Namun ini bukanlah bayi kembar empat melainkan dua pasang bayi kembar, dan keempatnya berjenis kelamin laki-laki.
 
Mengandung dua pasang bayi kembar identik dalam satu waktu merupakan suatu kejadian amat langka, karena peluangnya hanya 1:70 juta. Ace dan Blaine lahir lebih dulu pada 14 Februari pukul 08.51 waktu setempat. Masing-masing bayi memiliki berat 1,64 kg dan 1,79 kg. Sementara itu dua bayi lainnya, Kas dan Dylan lahir satu menit kemudian. Berat mereka masing-masing adalah 1,33 kg dan 1,53 kg.

Dua pasang anak kembar Tressa: Ace, Blaine, Kas dan Dylan (Foto: news.com.au)
(lll/vit)