Senin, 21 Des 2015 07:32 WIB

Bunda, Kenali Cara Penanganan Masalah Kulit Pada Bayi

Sharon Natalia - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Ada beberapa masalah pada kulit bayi yang baru lahir seperti acne infantil atau jerawat yaitu kondisi di mana kulit bayi beruntusan seperti jerawat dengan warna kemerahan. Umumnya terjadi di pipi, dada, punggung dan juga paha.

Selain itu, bayi kerap kali mengalami kulit mengelupas atau bersisik, biang keringat dan terdapat kerak pada kepala bayi.

"Jangan langsung menggunakan obat-obatan untuk mengatasi ini, karena hal tersebut biasanya sangat lumrah terjadi pada bayi, apalagi untuk masalah biang keringat," tutur dr Attila Dewanti, SpA(K), dokter spesialis anak di Brawijaya Women & Children Hospital.

Baca juga: Agar Kulit Bayi Tak Iritasi, Cepat Ganti Popok Bila Sudah Penuh

Dalam talkshow 'Tumbuh Kembang Si Kecil Pada Masa 'Golden Age', Stimulasi dan Perawatan Kulitnya', yang berlangsung di Auditorium Brawijaya Women & Children Hospital, Jakarta Selatan, Sabtu (19/12/2015), dr Attila juga menegaskan kepada orang tua terutama bunda untuk tidak mencabut kulit bayi yang terkelupas, terutama saat bayi mengalami pengelupasan kulit.

Hal ini dikarenakan kulit bayi bisa luka dan juga bayi bisa kesakitan saat kulitnya dicabut. "Jika bunda merasa gemes dengan kulit yang terkelupas, sebaiknya jangan langsung dicabut. Lebih baik bunda mengambil kapas untuk wajah lalu rendam di air suam-suam kuku baru diletakkan di bibir atau bagian yang terkelupas. Cara ini dapat membantu kulit terkelupas dengan sendirinya," ungkap dr Attila.

Untuk mengusir kekhawatiran orang tua akan masalah kulit yang dialami bayi, dr Attila menyarankan untuk memilih pakaian yang lembut bagi bayi, terutama dari bahan katun. Apabila orang tua baru membelikan pakaian untuk buah hati, lebih baik dicuci terlebih dahulu sebelum dipakai.

Tentunya baju harus dicuci dengan sabun khusus bayi dan dipisahkan dengan baju anggota keluarga lain.

"Mengganti popok setiap 3 jam sekali juga harus agar bayi merasa nyaman walaupun popok belum penuh. Selain itu suhu kamar bayi juga harus diperhatikan. Suhu kamar haruslah sejuk dan nyaman bagi bayi," kata dr Attila.

Baca juga: Sebenarnya Wajar, Tapi 4 Hal Pada Bayi Ini Sering Bikin Khawatir (rdn/vit)