Sabtu, 23 Jan 2016 13:35 WIB

Meski Jaraknya Terbatas, Sejak Lahir Bayi Sudah Bisa Melihat dengan Jelas

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat lahir, semua indera bayi pasti mengalami perkembangan, begitu juga dengan indera penglihatannya. Sehingga, bukan berarti jika bayi baru lahir belum bisa melihat apa-apa lho.

dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan, sejak lahir sebenarnya bayi sudah bisa mengenali terang dan gelap, serta gerakan. Mereka pun bisa melihat suatu objek dengan jelas dalam jarak 20 cm.

"Sehingga, bayi melihat suatu objek samar-samar atau tidak, itu tergantung jaraknya juga ya. Kalau suatu objek atau orang lain jaraknya satu meter dari pandangan anak ya pasti dia enggak bisa melihat dengan jelas. Tapi tadi, kalau jaraknya 20 cm bisa," kata dr Meta ketika berbincang dengan detikHealth.

Dalam keseharian, kerap pula dipercaya orang tua ketika anak serius melihat sesuatu, maka ia dikira sedang 'melihat' makhluk halus. Hal ini pun ditepis oleh dr Meta. Menurut ibu satu anak ini, bayi memang umumnya masih mengeksplorasi pandangannya.

Baca juga: Mata Anak Seperti Mata Kucing? Waspadai Retinoblastoma

"Seiring berjalannya waktu, penglihatannya akan semakin tajam, demikian pula dengan kemampuan melihat bentuk serta warna," kata pemilik akun twitter @metahanindita ini.

Dikutip dari situs American Optometric Association, saat berusia dua bulan, bayi sudah bisa memfokuskan mata mereka di wajah orang tua atau orang lain di dekatnya. Memasuki usia tiga bulan, mata bayi akan mulai bergerak mengikuti suatu objek sembari ia akan berusaha mengambil benda tersebut.

Nah, kemampuan anak untuk mengenali warna mulai berkembang saat bayi berusia 5 bulan. Saat itu pula, koordinasi mata dan alat gerak bayi makin berkembang. Apalagi, ketika menginjak usia 8 bulan, bayi harus mengkoordinasikan mata dan tangannya dengan lebih baik karena di usia itu mereka sudah mulai belajar merangkak.

Baca juga: Pentingnya Jaga Kesehatan Telinga, Gigi, dan Mata Anak

(rdn/vit)