Rabu, 30 Mar 2016 16:30 WIB

Ini Sebabnya Bayi Rentan Mengalami Perut Kembung

Martha HD - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Rewel pada bayi bisa disebabkan berbagai macam hal, salah satunya karena perut kembung. Ya, gas yang berlebih di perut memang bikin siapapun merasa tidak nyaman, tak terkecuali bayi. Mengapa bayi rentan mengalami perut kembung?

"Pada bayi, biasanya kondisi ini karena bagian perut dan dada terbuka sehingga membuat bagian yang terbuka menjadi lebih dingin dari bagian yang tertutup. Pemaparan suhu dingin yang tidak merata inilah yang membuat anak menjadi kembung," kata dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Selain itu, menurut dr Meta kondisi ini terjadi karena organ pencernaan pada anak yang belum matang. Akibatnya, gas mudah berkumpul di dalam lambung atau usus yang membuat anak kembung.

"Untuk mengatasi kondisi, orang tua harus memastikan kulit bayi terlindungi (tidak terbuka)," ujar ibu satu anak ini saat berbincang dengan detikHealth.

Baca juga: Posisi Menyusu Tak Tepat, Perut si Kecil pun Bisa Kembung 

Tanda bayi mengalami perut kembung selain rewel adalah sering buang angin dan perutnya teraba keras dan tampak lebih besar. Lantas, apa pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat bayi kembung?

"Saat bayi kembung, lakukan pemijatan dengan cara mengusap perut bayi ke arah usus besar, lalu turun lagi. Lakukan saat ia sedang santai atau tidak menangis. Posisikan tengkurap agar gas di perut mencari tempat tinggi lalu bisa keluar sebagai buang angin, sendawakan juga bisa," kata dr Meta.

Beberapa orang tua mengatasi perut kembung bayi dengan membaluri perut anak dengan campuran minyak telon dan bawang merah. Tujuannya agar perut anak hangat. Namun cara ini tidak direkomendasikan dr Melisa Anggraeni, MBiomed, SPA. Menurut dr Melisa, dalam perbincangan beberapa waktu lalu, kegiatan ini justru rentan membuat kulit bayi yang masih sensitif teriritasi. (vit/vit)