Selasa, 05 Jul 2016 08:08 WIB

Bayi Diajak Mudik, Kata Dokter Begini Persiapannya

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Mulai usia satu bulan, bayi sudah boleh dibawa mudik. Akan tetapi orang tua harus membuat persiapan khusus agar si kecil tetap nyaman dalam perjalanan jauh.

dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan, yang utama adalah memastikan keamanan dan keselamatan anak terjaga selama perjalanan.

"Jika naik mobil, misalnya, jangan lupa untuk menggunakan car seat bagi bayi atau balita. Untuk anak yang lebih besar, gunakan safety belt," sarannya.

Perkecualian untuk pesawat terbang, bayi baru boleh diajak bepergian dengan pesawat terbang setelah menginjak usia 2-3 bulan, di mana saat itu daya tahan tubuh mereka sudah lebih kuat dari sebelumnya.

Baca juga: Bayi Usia Satu Bulan dalam Keadaan Sehat Boleh Kok Diajak Mudik

Orang tua juga harus memastikan bayi mendapatkan waktu istirahat secara berkala, dengan harapan mereka tidak kelelahan yang bisa berakibat pada si bayi rewel atau mudah jatuh sakit.

"Cari informasi di mana kira-kira tempat pemberhentian yang dapat dijadikan tempat beristirahat untuk anak," sarannya.

Namun yang tak kalah penting, untuk memastikan perjalanan lancar, dr Meta mengingatkan, bayi rentan terhadap berbagai penyakit karena sistem kekebalannya yang belum sempurna.

"Sebaiknya, sebelum diajak mudik (apalagi perjalanan jauh), konsultasikan dulu kepada dokter apakah sekiranya bayi aman bepergian jauh atau tidak," pungkasnya.

Baca juga: Agar Perjalanan Mudik yang Lama Terasa Menyenangkan Bagi si Kecil, Ini Tipsnya (lll/up)