Kamis, 08 Sep 2016 18:35 WIB

Jika Sembelit Bayi Sudah Seperti Ini, Segera Cek ke Dokter

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Sembelit merupakan salah satu penyakit yang apabila dirawat dengan baik, maka akan bisa sembuh dengan sendirinya. Meskipun demikian, ada beberapa kondisi yang mengharuskan anak sembelit untuk segera dibawa ke dokter.

Seperti disampaikan oleh dr Meta Hanindita, SpA, pada umumnya kasus sembelit pada anak dapat membaik dengan sendirinya. Namun jika sembelit bertahan selama lebih dari 2 pekan, maka sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Baca juga: Ada Sisa Sayur pada Feses Bayi, Normal atau Tidak?

"Juga apabila sembelit sudah disertai dengan demam dan muntah, ini juga sebaiknya segera dibawa ke dokter ya," ujar dr Meta saat berbincang dengan detikHealth baru-baru ini.

Begitu juga apabila berat badan anak tampak menurun dan anak tampak nyeri saat mengejan. Untuk mengetahui penyebab nyeri tersebut, orang tua sebaiknya juga tak menduga-duga sendiri.

"Bila terdapat darah pada feses. Perlu diketahui, bercak darah yang timbul dapat terjadi karena banyak hal. Pastikan orang tua segera mencari tahu penyebab munculnya bercak darah tersebut dengan mengonsultasikannya ke dokter," pesan dr Meta.

Namun jika orang tua ingin tahu lebih cepat, tak perlu menunggu hingga 2 pekan, dr Meta berpesan jika sudah 4-5 hari tidak BAB mungkin sebaiknya bayi langsung dibawa ke dokter untuk dicari tahu penyebabnya.

Baca juga: Tak Perlu Panik, BAB Keras Sangat Wajar Saat Bayi Dikenalkan MPASI (ajg/vit)
News Feed