Rabu, 23 Nov 2016 09:32 WIB

Anak Suka Minum Susu Sambil Tiduran? Waspada Infeksi Telinga Tengah

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Sebelum tidur, biasanya anak-anak memiliki kebiasaan tertentu, salah satunya adalah minum susu sambil tiduran sampai terlelap. Hati-hati, kebiasaan ini bisa mengganggu sistem pendengarannya lho.

Menurut dr Fikry Hamdan Yasin, SpTHT-KL dari dari Departemen Telinga Hidung Tenggorok - Bedah Kepala Leher RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, kebiasaan menyusu sambil tiduran bisa membuat cairan susu mengalir masuk ke saluran tuba eustachius. Tuba eustachius merupakan saluran yang menghubungkan antara rongga telinga tengah dengan nasofaring.

"Jadi di balik tenggorokan itu ada saluran yang mengarah ke telinga, namanya tuba eustachius. Nah, minum susu sambil tiduran kadang membuat susunya 'mandek' di depan saluran itu. Menumpuk terus lalu jadi infeksi," tutur dr Fikry kepada detikHealth.

Ia melanjutkan, infeksi telinga ini biasanya menunjukkan gejala seperti nyeri di area tersebut, kadang disertai demam. Oleh sebab itu, ketika anak demam, rewel, serta menunjukkan tanda-tanda nyeri di bagian telinga, segera cek ke dokter karena kemungkinan mengalami infeksi telinga tengah.

Baca juga: Bisakah Gangguan Pendengaran Disembuhkan?

Pengobatan yang dilakukan biasanya adalah dengan 'menanamkan' pipa kecil di gendang telinga anak, yang dilakukan melalui operasi kecil. Pipa kecil ini berfungsi untuk mengeluarkan cairan yang menyumbat saluran telinga tengah. "Nanti pipanya akan lepas sendiri kalau cairannya sudah habis. Bisa dalam waktu dua pekan, atau paling lambat enam bulan," tutur dr Fikry.

Oleh sebab itu, dr Fikry menganjurkan para orang tua sebaiknya tak membiarkan anak menyusu sambil tiduran. Karena selain berisiko mengganggu sistem pendengaran, menyusu sambil tiduran, terlebih sampai tertidur, juga dapat merusak gigi anak.

Seperti disampaikan oleh Head of Professional Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk, drg Ratu Mirah Afifah, GCClintDent., MDSc, beberapa waktu lalu bahwa kebiasaan minum susu sebelum tidur tanpa menyikat gigi dapat membuat gigi karies.

"Kalau anak terbiasa minum susu sebelum tidur, tanpa menyikat gigi, itu betul-betul seperti direndam. Apalagi kalau susunya dikasih gula, nanti gulanya itu diubah jadi asam. Bisa menyebabkan karies," ujar drg Mirah.

Saat anak tertidur setelah minum susu tanpa menyikat gigi terlebih dahulu, bakteri di dalam mulut bereaksi terhadap gula yang ada dan menjadikannya bersifat asam. Asam inilah yang kemudian akan menyerang gigi dan membuatnya menjadi rapuh serta rusak.

Baca juga: Ini Risikonya Jika Anak Malas Menyikat Gigi Setelah Minum Susu di Malam Hari (ajg/vit)