Rabu, 23 Nov 2016 15:33 WIB

Agar Telinga Bayi Tak Sakit Saat Naik Pesawat, Trik Ini Bisa Anda Coba

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Ilustrasi kabin pesawat (Foto: (Michael Buholzer/AFP) Ilustrasi kabin pesawat (Foto: (Michael Buholzer/AFP)
Jakarta - Berniat mengajak bayi Anda bertamasya keluar kota dengan naik pesawat? Agar telinganya tak sakit akibat perubahan tekanan udara yang umum terjadi, ada trik dari dokter yang bisa Anda coba.)

Menurut dr Fikry Hamdan Yasin, SpTHT-KL dari Departemen Telinga Hidung Tenggorok - Bedah Kepala Leher RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, trik yang penting dilakukan orang tua saat mengajak anak naik pesawat adalah membuat anak mengunyah atau menelan.

"Jadi biarkan akan mengunyah, menelan atau mengedot selama di pesawat. Terutama saat take off dan landing. Ini karena perubahan tekanan udara jika didiamkan bisa membuat nyeri di saluran tuba eustachius," tutur dr Fikry.

Baca juga: Hati-hati Gangguan Pendengaran Bayi yang Tak Terdeteksi

Tuba eustachius merupakan saluran yang menghubungkan antara rongga telinga tengah dengan nasofaring. Nah, dengan menelan atau mengunyah, perubahan tekanan yang ada tidak akan mengganggu kondisi tuba eustachius.

Lantas bagaimana jika orang tua memasangkan headphone atau alat penyumbat telinga anak, efektifkah?

dr Fikry menegaskan bahwa penggunaan alat ini justru percuma. Sebab yang menjadi masalah bukanlah bagian luar telinga, melainkan bagian dalam. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika anak diminta mengunyah dan menelan.

Serupa dengan dr Fikry, beberapa waktu lalu dr Aditya Suryansyah, SpA dari RSAB Harapan Kita Jakarta juga menuturkan demikian. Saat akan mengajak anak bepergian naik pesawat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua.

Selain memakaikan bayi pakaian berbahan tebal dan menyiapkan obat-obat sederhana seperti obat penurun panas dan obat pilek, hal lain yang tak kalah penting adalah sering-sering memberikan minum atau menyusui. "Ini supaya bayi sering menelan, terutama saat take off atau landing," imbuhnya.

Baca juga: Pesan Dokter untuk Ortu yang Hendak Bersihkan Telinga Anak dengan Cotton Bud

(ajg/vit)