Rabu, 14 Des 2016 11:01 WIB

Studi Sebut Cara Ini Bisa Bantu Kurangi Rasa Sakit pada Bayi Saat Disuntik

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Saat tiba waktunya si kecil vaksinasi, salah satu hal yang kerap bikin orang tua tak tega yaitu saat anak menangis kesakitan ketika disuntik. Nah, studi baru-baru ini menemukan sebuah cara yang mungkin bisa membantu mengurangi rasa sakit itu.

Peneliti dari University of Toronto menemukan bahwa penggunaan krim lidocaine bisa bermanfaat mengurangi rasa sakit yang dialami bayi ketika divaksin. Krim lidocaine merupakan jenis anestesi lokal yang bisa menghilangkan sensasi rasa sakit di tubuh, termasuk ketika seseorang disuntik.

Efeknya disebut lebih baik ketika dikombinasikan dengan sedikit cairan sukrosa. Dikutip dari situs Canadian Medical Association Journal, cmaj.ca, peneliti mengamati 352 bayi sehat yang merasakan level sakit saat disuntik 1 sampai 4. Mereka diamati saat diberi vaksin ketika berumur 2, 4, 6, dan 12 bulan.

Baca juga: Vaksin Apa Saja yang Perlu dan Tidak Diperlukan Bayi?

"Bayi dibagi jadi 4 kelompok. Pertama yang mendapat plasebo, kedua yang diputarkan video orang tuanya menenangkan dia, ketiga bayi yang diputarkan video orang tuanya menenangkan dia plus mendapat cairan sukrosa, dan keempat bayi yang diputarkan video orang tuanya menenangkan dia plus mendapat cairan sukrosa dan krim lidocaine," tutur salah satu peneliti, Anna Taddio, PhD, RPh.

Kemudian, peneliti mengukur tingkat stres bayi selama 3 fase yakni sebelum divaksin, saat divaksin, dan setelah divaksin. Tingkat stres bayi diukur menggunakan Modified Behavioural Pain Scale dengan skala 1 sampai 10.

"Kami menemukan selama vaksinasi, kombinasi penggunaan video, krim licodaine dan cairan sukrosa secara intenslah yang paling efektif mengurangi rasa sakit pada bayi saat disuntik. Tetapi, saya rasa perlu penelitian lebih lanjut soal efek menajamen nyeri ini dengan kecemasan yang dialami anak serta hipersensitivitas anak terhadap rasa sakit," tambah Taddio.

Lebih lanjut, Taddio menekankan ketika orang tua ingin mencoba melakukan teknik ini, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter yang menangani si kecil.

Baca juga: Pemberian ASI Saat Vaksinasi Mampu Kurangi Rasa Sakit Ketika Bayi Disuntik
(rdn/up)