Sabtu, 26 Jan 2019 19:57 WIB

Minggu Pagi, 100-an Fisioterapis Gelar Baksos di CFD Kota Depok

Andi Abdullah Sururi - detikHealth
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta -

Anda warga Depok ingin tahu lebih jauh tentang fisioterapi? Datang saja besok pagi karena 100-an fisioterapis se-Depok akan menggelar acara bakti sosial (baksos).

Bertajuk "Physiotherapy on the Street: Kenal Lebih Dekat dengan Fisioterapi", Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) cabang kota Depok akan menggelar serangkaian kegiatan di areal Car Free Day (CFD), Grand Depok City, Depok, Jawa Barat, pada hari Minggu (27/1/2019), dari pukul 6 sampai 9 pagi.

Beberapa kegiatan yang akan diselenggarakan pada baksos tersebut di antaranya pemeriksaan kesehatan, konsultasi gratis dengan beberapa fisioterapis dari berbagai rumah sakit dan klinik di kota Depok, treatment fisioterapi (untuk kasus-kasus tertentu), pemeriksaan postur tubuh, serta informasi kesehatan lainnya.

"Kami ingin lebih dekat lagi dengan warga khususnya Depok, dan masyarakat juga lebih mengenal kami dan dunia fisioterapi," ujar M. Ruslan Nuryanto, S.Ft, M.Fis, ketua IFI cabang Depok.

"Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan/atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan ( fisik, elektroterapeutis dan mekanis ), pelatihan fungsi dan komunikasi," tambah dia.

Dikatakan Ruslan, saat ini pemahaman sebagian masyarakat tentang fisioterapi masih terbatas. Padahal, banyak kasus gangguan kesehatan menjadi ranah penanganan fisioterapi, seperti stroke, nyeri pinggang, saraf kejepit, nyeri leher, nyeri lutut, keselioa, scoliosis, cedera olahraga, sampai permasalahan tumbuh kembang anak, dan lain-lain.

"Kami ingin juga ingin membantu program pemerintah khususnya di kota Depok dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya promotif dan preventif, sekaligus membantu masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat melalui edukasi dan pendidikan kesehatan," papar Ruslan.

Minggu Pagi Fisioterapis se-Depok Gelar Baksos  di Car Free DayFoto: istimewa



(a2s/up)
News Feed