Senin, 11 Nov 2019 07:00 WIB

Galau Sikat Gigi Dulu atau Sarapan? Begini Saran Ahli

Widiya Wiyanti - detikHealth
Para ahli anjurkan sikat gigi sebelum sarapan. Foto ilustasi: Getty Images Para ahli anjurkan sikat gigi sebelum sarapan. Foto ilustasi: Getty Images
Jakarta - Siapa yang suka galau saat setelah bangun tidur, ingin sikat gigi atau sarapan terlebih dahulu? Tim yang sarapan terlebih dahulu dianggap lebih baik karena sikat gigi setelah ga dapat menghilangkan sisa makanan yang menyelip.

Supaya tidak galau lagi, menurut ahli Dr Scott Frey dari Freysmiles, sikat gigi lebih baik dilakukan sebelum sarapan. Kemudian dilanjutkan dengan kumur untuk membersihkan sisa makanan.


"Sikat gigi sebaiknya sebelum sarapan. Jika harus dilakukan setelah sarapan sebaiknya beri jeda 30 menit. Waktu tunggu menjamin tingkat keasaman di mulut kembali normal. Jika ingin lebih cepat bisa dilakukan dengan berkumur air putih, yang punya tingkah keasaman cenderung basa,'' katanya dikutip dari laman Dakota Dental.

Langsung sikat gigi setelah makan atau minum, apalagi yang mengandung asam, berisiko membahayakan lapisan pelindung gigi atau enamel. Dengan enamel yang lemah, gigi bisa mengalami abrasi dan makin sensitif.

Keuntungan lain adalah mengembalikan salivation process dalam rongga mulut. Air liur yang menutupi rongga mulut memudahkan proses mengunyah dan


Simak Video "Ini Dia Rapor Merah Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)