Senin, 11 Nov 2019 08:00 WIB

Pertama dalam Sejarah, Demam Berdarah Dengue Menular Lewat Seks

Nurul Khotimah - detikHealth
Virus demam berdarah bisa menular melalui kontak hubungan seksual. Foto ilustrasi: thinkstock Virus demam berdarah bisa menular melalui kontak hubungan seksual. Foto ilustrasi: thinkstock
Jakarta - Memasuki musim penghujan, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Antisipasi terkena banjir di beberapa daerah, hingga dampak kotornya lingkungan karena genangan air hujan. Genangan air adalah tempat paling nyaman untuk nyamuk berkembang biak, seperti nyamuk demam berdarah (Aedes Aegypti).

Baru-baru ini ditemukan bahwa virus Demam Berdarah Dengue (DBD) tak hanya ditularkan oleh gigitan nyamuk tetapi juga bisa melalui hubungan seksual. Ini adalah kejadian pertama kali dalam sejarah penularan virus DBD didapat dari hasil hubungan intim. Kasus ini temukan di Madrid, Spanyol.

Dikutip dari New Straits Times, kasus tersebut dialami oleh seorang pria berusia 41 tahun dari Madrid yang terkena DBD setelah berhubungan seks dengan pasangannya. Setelah ditelusuri ternyata pasangannya terkena virus DBD selama perjalanan dari Kuba, Minggu (10/11/2019).

"Rekanya menunjukkan gejala yang sama dengan pria itu tetapi lebih ringan sekitar sepuluh hari sebelumnya, dan pasangannya memang sebelumnya mengunjungi Kuba dan Republik Dominika," kata Susana Jimenez dari departemen kesehatan masyarakat wilayah Madrid.


Kasus yang dikonfirmasi pada bulan September ini sempat membuat bingung para dokter karena pria itu belum melakukan perjalanan ke Kuba sebelumnya. Gejala yang dialami seperti flu yang parah, demam tinggi, dan nyeri tubuh.

"Analisis sperma mereka dilakukan dan mengungkapkan bahwa mereka tidak hanya menderita demam berdarah tetapi juga virus yang persis sama yang beredar di Kuba. Kemungkinan kasus penularan demam berdarah antara pria dan wanita adalah subjek dari artikel ilmiah baru-baru ini di Korea Selatan," jelasnya.



Simak Video "Tanaman Alami Ini Bisa Mencegah Gigitan Nyamuk Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/wdw)