Selasa, 12 Nov 2019 08:30 WIB

Suka Pakai Kacamata Hitam Saat Matahari Terik Ternyata Tak Selalu Aman

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pemakaian kacamata hitam terlalu sering dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Kacamata hitam biasanya digunakan untuk melindungi mata dari paparan radiasi sinar matahari. Namun, ternyata rutin memakainya juga dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan, termasuk optimalisasi vitamin D.

"Sejumlah penelitian membuktikan, paparan sinar matahari memang bermanfaat bagi mata. Maka, untuk sesekali, mata perlu mendapatkannya (sinar matahari). Tapi, tidak boleh terlalu intens dan dalam waktu yang lama, karena dapat berdampak bahaya juga," ujar DR Joseph Michael Mercola, dokter ahli osteopatik.


Meskipun kacamata hitam berguna untuk menghindari paparan langsung cahaya matahari pada mata, tetapi dr Mercola menyarankan untuk tidak terlalu sering menggunakannya. Alasannya, kacamata tersebut akan menghalangi mata untuk menyerap cahaya yang dibutuhkan untuk ritme sirkadian yang penting bagi tubuh.

Dikutip dari Medicaldaily, ritme sirkadian merupakan jam alarm bagi tubuh dan memerlukan cahaya alami yang penting dan cukup banyak untuk proses sinkronasi. Proses ini sangat bergantung pada cahaya yang mengenai fotoreseptor pada mata.

"Jika tidak dipenuhi dengan baik (cahaya matahari), maka seseorang akan cenderung lebih mudah depresi, insomnia, dan beberapa masalah kesehatan lainnya," jelas dr Mercola.



Simak Video "Ternyata Inilah Etnis yang Paling Berisiko Masalah Kesehatan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)