Kamis, 30 Jan 2020 16:09 WIB

RI Bebas Virus Corona, Pejabat Kemenkes: Karena Doa dan Pola Hidup Sehat

Lusiana Mustinda, Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Doa Agar Taubat Diterima Indonesia bebas dari Virus Corona, diyakini karena doa dan perilaku hidup sehat (Foto: iStock)
Jakarta -

Wabah virus corona 2019-nCoV tercatat sudah menyebar ke-17 negara dengan 7.800 kasus ditemukan. Sebagian besar kasus tersebut ditemukan di wilayah China. Virus ini juga sudah sampai di negara tetangga Indonesiaa, yakni Singapura dan Malaysia. Terbaru, kasus pasien terkena virus corona juga ditemukan di Filipina.

Virus corona di Indonesia hingga kini belum ditemukan. Belum ada pasien yang dinyatakan positif terkena. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr Bambang Wibowo, SpOG(K), MARS, mengatakan terbebasnya Indonesia dari virus corona sebab pola hidup sehat masyarakatnya. Juga yang tak kalah penting adalah doa.

"Makanya kita doa itu penting, menjaga perilaku hidup sehat, kemudian doa lagi. Kalau ada apa-apa segera periksa, dan jangan percaya sama informasi yang tidak benar," ucap dr Bambang di Jakarta pada Rabu (29/1/2020) kemarin.

Terkait doa ini, di dalam Islam ada tuntunannya. Membaca doa supaya terhindar dari penyakit, bisa diamalkan saat mewabah virus corona. Di dalam Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 4, hadist nomor 1484, diriwayatkan dari Anas RA, Rasulullah Shallallahu'alaihi Wassalam pernah membaca doa berlindung dari segala penyakit.

Berikut ini doanya:

RI Bebas Virus Corona, Pejabat Kemenkes: Karena Doa dan Pola Hidup SehatFoto: Foto repro: Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 4 dalam hadits nomor 1484

"Wa an annas radhiyallahu anhu an nabiya shallahu allahi wasallam kana yaqulu, Allahumma innii a'uudzu Bika Minal Baroshi wal Junuuni wal Judzaami wa min Sayyi-il Asqoom".

Artinya: Dari Anas radhiyallahu anhu bahwasanya Nabi Muhammad shallahu allahi wasallam mengucapkan doa: Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang (kulit), gila, lepra, dan dari keburukan segala macam penyakit.

Selain itu, umat Islam juga disarankan untuk membaca:

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِ

Artinya :

"Ya Allah, sehatkanlah badan ku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau".

Bacalah doa tersebut sebanyak tiga kali setiap pagi hari dan sore hari.

Dan berikut ini agar sehat dan diberikan umur panjang:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Artinya :

"Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaku, dan berkahilah karunia yang telah Engkau berikan kepadaku. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan kepada-Mu dan baguskalah amalanku dan ampunilah dosa-dosaku".

Selain membaca doa terhidar dari sakit, tentunya menjaga pola hidup sehat penting agar terhindar dari segala penyakit termasuk virus corona.



Simak Video "Angka Positif Corona di Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)