Kamis, 27 Feb 2020 09:00 WIB

Sempat Berbohong, Pasien Thailand Ini Positif COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
WUHAN, CHINA - JANUARY 31:  (CHINA OUT) A man wears a protective mask as he ride a bicycle across the Yangtze River Bridge on January 31, 2020 in Wuhan, China.  World Health Organization (WHO) Director-General Tedros Adhanom Ghebreyesus said on January 30 that the novel coronavirus outbreak has become a Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).  (Photo by Stringer/Getty Images) Pasien sempat berbohong sebelum dipastikan positif COVID-19. Foto ilustrasi: Getty Images
Jakarta -

Seorang pasien di Thailand terbukti positif COVID-19 setelah berbohong kepada pihak rumah sakit. Ia membantah pernah mengunjungi daerah yang berisiko tinggi terhadap virus corona.

Pada 23 Februari lalu, pria warga Thailand ini dirawat di rumah sakit karena mengalami pneumonia, demam tinggi, dan juga batuk. Saat ditanya, ia mengelak memiliki riwayat perjalanan ke daerah yang terkontaminasi virus corona.

Dikutip dari Asia One, ia juga sempat menolak menjalani tes untuk membuktikan dirinya tidak terinfeksi virus yang sedang mewabah di beberapa negara saat ini. Namun, berdasarkan hasil laboratorium, ia positif mengidap COVID-19.

Setelah hasil tersebut keluar, ia baru mengakui pernah mengunjungi negara yang berisiko tinggi terhadap virus tersebut. Pasien itu langsung dipindahkan ke rumah sakit pemerintah.

Para staf yang ada di rumah sakit yang sempat ditempati pria tersebut tetap dikarantina, meskipun terbukti negatif. Mereka diminta melakukan karantina sendiri di rumahnya masing-masing selama 7-14 hari dan akan dites COVID-19 kembali.

Pihak rumah sakit juga telah melakukan pembersihan mendalam menggunakan desinfektan. Rumah sakit juga tidak menerima pasien baru untuk sementara waktu.



Simak Video "Yang Harus Dilakukan Jika Tak Bisa Cium Bau Seperti Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)