Selasa, 19 Mei 2020 14:21 WIB

Asam Lambung Naik Bikin Perut Perih? Redakan dengan Ramuan Alami Ini

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Ilustrasi Asam Lambung Naik Foto: shutterstock
Jakarta -

Punya masalah asam lambung tentu saja bikin aktivitas terganggu. Bagaimana tidak, asam lambung naik membuat perut terasa mulas, bahkan bisa sampai merasakan sensasi terbakar di dada.

Pada dasarnya, asam lambung memang penting untuk proses pencernaan makanan, dan dibutuhkan untuk mencerna makanan. Namun, kebutuhan asam lambung harus normal, karena jika berlebihan bisa menimbulkan penyakit maag.

Peningkatan asam lambung ini bisa disebabkan oleh bakteri, stres atau kebiasaan menunda makanan. Jika sudah terjadi, maka yang dibutuhkan adalah obat asam lambung.

Menurut Medical Manager Divisi Kalbe Consumer Health PT Kalbe Farma TBK, dr Helmin Agustina Silalahi berdasarkan bahan baku, obat-obatan untuk penyakit asam lambung yang ada saat ini bisa dari bahan kimia dan alami atau herbal.

"Obat kimia biasanya lebih efektif dibanding obat herbal karena kandungan bahan aktifnya benar-benar spesifik. Namun saat ini obat herbal juga sudah semakin diminati orang, banyak yang beranggapan karena aman, walaupun efeknya tidak secepat obat kimia," ujar dr Helmin kepada detikHealth, Selasa (19/5/2020).

Jika ditelaah lebih lanjut, lanjut dr Helmin, banyak obat herbal yang efektivitasnya tidak kalah dibanding obat kimia. Dalam mengatasi asam lambung, selama ini bahan kimia sudah demikian banyak, namun kehadiran bahan herbal tentu akan menjadi pilihan bagi orang-orang yang memang lebih memilih bahan alami. Bagi Anda yang ingin mengobati penyakit asam lambung dengan cara alami, coba ramuan dari beberapa bahan herbal berikut.

1. Kunyit

Kunyit merupakan bumbu dapur, yang bisa membantu masalah pada lambung yang diakibatkan kelebihan asam lambung. Kunyit dapat mengurangi asam lambung sehingga dapat mengatasi gejala-gejala dyspepsia. Caranya dengan merebus potongan jahe dan disaring untuk diminum airnya setiap pagi hari dan malam hari. Jika secara rutin dilakukan bisa jadi alternatif untuk mengobati asam lambung.

2. Madu

Madu juga merupakan makanan yang kaya antioksidan dan dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, salah satunya adalah dapat membantu penyembuhan iritasi pada lambung.

3. Jahe

Jahe juga bisa jadi alternatif untuk penyakit asam lambung. Dilansir dari Healthline, senyawa fenolat pada jahe diyakini dapat meredakan iritasi pada saluran cerna serta mengurangi kontraksi lambung. Ini dapat mengurangi risiko zat asam dari lambung bergerak naik ke kerongkongan.

Menurut dr Helmin, beberapa bahan herbal tersebut dapat menjadi gabungan ramuan yang bekerja bersama untuk membantu mengatasi keluhan sakit maag dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Namun jika Anda tak mau repot-repot bikin ramuan alami tersebut, kini tersedia obat herbal yang lebih praktis seperti Promag Herbal.

Promag Herbal mengandung 8 bahan herbal yang dipercaya dapat mengatasi gangguan lambung, seperti kunyit, jahe merah, madu, Adas, Ananas, Akar Manis, dan daun mint. Jika Anda merasakan gejala sakit maag, seperti kembung, cepat kenyang, nyeri ulu hati, dapat mengonsumsi Promag Herbal untuk membantu meredakan gejala-gejala tersebut. Promag Herbal hadir untuk menjadi pilihan bagi penderita sakit maag yang selama ini mencari obat tradisional untuk mengatasi gangguan pada lambung.



Simak Video "BPOM Tak Beri Izin Edar Herbal 'Polosan' Milik Hadi Pranoto"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)