Rabu, 05 Agu 2020 15:43 WIB

Ramai Klaim Hadi Pranoto di Video Anji, BPOM Pastikan Belum Ada Obat COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Hadi Pranoto menunjukkan ramuan herbal untuk antibodi COVID-19. Ramuan itu disebut mampu tingkatkan antibodi dalam mencegah penyebaran COVID-19. Ramuan herbal yang diklaim Hadi Pranoto. (Foto: ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH)
Jakarta -

Belakangan ramai isu soal Hadi Pranoto yang mengaku telah menemukan 'obat Corona' dan telah menyembuhkan ribuan pasien COVID-19. Pernyataannya ini ia ungkap saat diwawancarai oleh musisi Anji di Youtube.

Namun klaim tersebut dibantah oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM RI). Pihaknya menegaskan hingga kini belum ada obat atau herbal khusus untuk menyembuhkan pasien Corona.

"Sampai saat ini, pengembangan obat pun belum ada yang bisa diklaim atau diindikasikan untuk obat COVID-19. Sedangkan herbal juga belum," ujar Direktur Standardisasi Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif BPOM, Dra Togi Junice Hutadjulu, Apt, MHA, dalam siaran pers BNPB, Rabu (5/8/2020).

Dijelaskan oleh Togi, suatu produk tak bisa sembarang diklaim berkhasiat atau bermanfaat untuk pengobatan penyakit tertentu sebelum dilakukan pengujian. Sama seperti vaksin, obat tradisional pun harus melalui uji laboratorium untuk menetapkan karakteristik dan spesifikasinya.

"Kita punya kategori obat herbal terstandar yang juga harus dilakukan uji klinis," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Badan Litbang Kesehatan, Kemenkes, Akhmad Saikhu, MSc, PH, juga menegaskan bahwa jamu atau obat herbal tidak digunakan untuk mengobati COVID-19.

"Kita ketahui COVID-19 disebabkan oleh virus jadi obat satu-satunya adalah antivirus dan sampai saat ini antivirus itu masih dalam penelitian," jelas Akhmad.

"Terkait dengan obat herbal atau jamu, tidak bisa dibilang untuk mengobati virus Corona. Jamu dipergunakan untuk meringankan gejala penyakit penyerta Corona," sambungnya.



Simak Video "Ngaku Temukan Obat COVID-19, Hadi Pranoto Beberkan Bahan Dasarnya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)