Kamis, 03 Sep 2020 10:30 WIB

Komedian Idan Separo Meninggal Akibat Sakit Gula, Ini Berbagai Penyebabnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
idan separo Komedian Idan Separo meninggal dunia. (Foto: dok Twitter)
Jakarta -

Komedian Idan Separo dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (2/9/2020). Kabar ini disampaikan oleh komedian yang sekaligus sahabat dari Idan, Daus Mini melalui sebuah rekaman suara yang dikirim ke awak media.

"Berita duka datangnya dari kawan kita Idan Separo yang hari ini meninggal dunia. Informasi Daus dapat dari sauradarnya atau Ua-nya Idan yang biasa ngurusin Idan selama di rumah sakit," jelas Daus Mini melalui rekaman suara tersebut.

Idan Separo menghembuskan napas terakhirnya saat berada di rumah sakit. Diketahui sebelum meninggal, Idan sempat mengidap sakit gula atau diabetes.

"Lagi dirawat kurang lebih sudah seminggu di rumah sakit. Dia kan memang punya gula ya," sambung Daus Separo.

Dikutip dari Healthline, diabetes melitus atau dikenal dengan diabetes merupakan penyakit metabolisme yang menyebabkan gula darah meningkat. Penyakit diabetes ini terdiri dari dua tipe, yaitu tipe 1 dan 2 yang memiliki penyebab yang berbeda-beda.

Baca juga: Komedian Idan Separo Meninggal Dunia

Apa saja penyebab penyakit diabetes ini?

Diabetes tipe 1

Diabetes 1 terjadi karena adanya gangguan sistem kekebalan tubuh atau autoimun. Fungsi antibodi yang seharusnya melindungi tubuh dari infeksi malah menyerang sel tubuh itu sendiri, tepatnya pada bagian sel beta penghasil insulin yang ada di dalam pankreas.

Alasan antibodi menyerang sel pankreas belum diketahui secara pasti, tetapi kondisi ini diduga berkaitan dengan genetik atau keturunan serta infeksi dari virus tertentu yang memicu serangan pada imunitas.

Diabetes 2

Pada jenis diabetes ini bisa terjadi karena pola hidup yang kurang sehat. Adanya obesitas atau kelebihan berat badan ini bisa meningkatkan risiko seseorang mengidap jenis diabetes ini.

Kondisi ini membuat sel-sel di dalam tubuh kurang sensitif terhadap efek insulin dan mengakibatkan adanya peningkatan kadar gula pada darah. Seperti yang dialami diabetes tipe 1, jenis diabetes ini bisa terjadi karena faktor genetik.



Simak Video "Penyandang Diabetes Tetap Aman Pergi ke RS saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)