Rabu, 30 Des 2020 11:50 WIB

Ngebut! Singapura Mulai Vaksinasi Corona, Ini Orang Pertama yang Terima

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
i Ngebut, Singapura sudah mulai vaksinasi. (Foto: Fiona Goodall/Getty Images)
Jakarta -

Pemerintah Singapura sudah memulai program vaksinasi virus Corona COVID-19 pada Rabu (30/12/2020). Kelompok pertama yang menerima vaksin adalah para petugas, peneliti, dokter, dan perawat di Pusat Penyakit Menular Nasional Singapura (NCID).

Dikutip dari Channel News Asia, perawat senior bernama Sarah Lim menjadi orang pertama yang mendapat suntikan vaksin COVID-19. Sarah Lim, 46, ditempatkan di Area Kewaspadaan Khusus NCID yang melakukan skrining untuk terduga kasus COVID-19.

Sebelum wabah COVID-19, ia melakukan pra-skrining, triase, dan melakukan prosedur seperti pengambilan darah dan elektrokardiogram.

Dokter senior di NCID, dr Kalisvar Marimuthu, 43, yang menangani langsung pasien COVID-19 juga menjalani vaksinasi tahap pertama.

Mereka mendapatkan dosis pertama vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech. Vaksin ini membutuhkan dua suntikan, diberikan selang 21 hari. Mereka yang menerima dosis pertama pada hari Rabu dijadwalkan untuk kembali untuk dosis kedua pada 20 Januari tahun depan.

Sebelum menjalani vaksinasi, para perawat dan dokter diwajibkan mengisi data dan kondisi diri mereka. Hal itu untuk menentukan apakah mereka layak mendapatkan vaksinasi.

Kementerian Kesehatan Singapura menyatakan seluruh tenaga medis dari rumah sakit umum sampai swasta akan menjalani vaksinasi. Selanjutnya pada Februari 2021, mereka akan melakukan vaksinasi terhadap para penduduk yang berusia 70 tahun ke atas.

Komite Pakar Singapura menyatakan proses vaksinasi diharapkan dapat mendekati target yang ditetapkan untuk menekan tingkat penyebaran virus corona dan melindungi kelompok yang rentan di masyarakat.

"Jika jumlah penduduk yang divaksinasi cukup tinggi maka secara tidak langsung akan melindungi mereka yang belum dikategorikan layak untuk menjalani vaksinasi. Jika ketersediaan vaksin semakin banyak, maka semua orang yang bermukim di Singapura dan kondisi kesehatannya sesuai persyaratan maka dianjurkan menjalani vaksinasi, meski dalam prosesnya tidak ada pemaksaan," demikian isi pernyataan Komite Pakar Singapura.

Singapura saat ini sudah menerima kiriman tahap pertama pesanan vaksin COVID-19 produksi Pfizer-BioNTech. Mereka menjadi negara pertama di Asia yang mendapatkan vaksin tersebut.



Simak Video "Kemenkes Imbau Calon Penerima Vaksin Corona Jujur saat Skrining"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)