Rabu, 14 Mar 2018 12:14 WIB

Mengenal ALS, Penyakit yang Diidap Stephen Hawking Lebih dari 50 Tahun

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Stephen Hawking hidup berdampingan dengan ALS selama lebih dari 50 tahun. Foto: Getty Images Stephen Hawking hidup berdampingan dengan ALS selama lebih dari 50 tahun. Foto: Getty Images
Jakarta - Stephen Hawking, seorang fisikawan dikabarkan meninggal dunia hari ini. Sosok ilmuan yang disegani ini memberikan cukup banyak kontribusi pada bidang ilmu pengetahuan dan menerima banyak penghargaan, terlepas dari kondisi ALS yang ia idap lebih dari 50 tahun hingga ajal menjemput.

"Saya berusaha hidup senormal mungkin, dan tidak berpikir tentang kondisi saya atau menyesali hal-hal yang mencegah saya berbuat banyak," kata Stephen Hawking, seperti dilansir Hawking.org.

Penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) adalah penyakit degeneratif yang menyerang saraf dan sampai saat ini belum bisa disembuhkan. Penyakit ini pada akhirnya bisa menimbulkan menurunnya kemampuan fungsi otot hingga kelumpuhan. Penyakit ini belum bisa disembuhkan, akan tetapi sudah ada obat yang ditemukan untuk menghambat penyakit tersebut agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik.



ALS juga dikenal dengan penyakit Lou Gehrig, ini diambil dari nama atlet baseball ternama Amerika Serikat yang mengalami penyakit ini sekitar tahun 1930-an. Tapi memang, tokoh yang paling dikenal dengan kondisi ini adalah Stephen Hawking, bahkan kisah hidupnya juga difilmkan dengan judul 'The Theory of Everything'.

Untuk penyebabnya, belum diketahui secara pasti. Namun, sekitar 10 persen dari kasus yang terjadi, ditemukan adanya mutasi genetik yang menyebabkan pembentukan suatu protein yang sifatnya merusak sel saraf.

Kemungkinan lain seperti kelebihan glutamat, gangguan sistem imun, gangguan pada mitokondria, serta stres oksidatif disebut sebagai beberapa hal lainnya yang juga memicu kondisi tersebut.

(ask/up)
News Feed