Kamis, 05 Apr 2018 15:35 WIB

Bincang Sehat

Kaitan Stroke dan Jatuh di Kamar Mandi

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kaitan stroke dengan jatuh di kamar mandi/Foto: Thinkstock Kaitan stroke dengan jatuh di kamar mandi/Foto: Thinkstock
Jakarta - Mungkin seringkali kita dengar tentang 'Si A tiba-tiba jatuh di kamar mandi karena serangan stroke'. Nah, banyak yang akhirnya percaya bahwa stroke adalah penyebab jatuhnya seseorang di kamar mandi. Tapi, apakah benar jatuh di kamar mandi ada kaitannya dengan penyakit stroke tersebut?

Mengenai hal itu, dokter bedah saraf, dr Roslan Yusni Hasan atau yang akrab disapa dr Ryu menyebutkan bahwa ada dua kemungkinan seseorang tidak sadarkan diri hingga terjatuh di kamar mandi. Salah satunya adalah terjatuh kemudian terbentur dan tak sadarkan diri.

"Kemungkinan besar iya, kalau ada seseorang terjatuh terus kemudian tidak sadar, itu ada dua kemungkinan, dia terjatuh terus terbentur lalu tidak sadar, atau dia tidak sadar dulu kemudian jatuh," terang dr Ryu dalam video Bincang Sehat.



Namun, menurut dr Ryu, kebanyakan orang yang tidak sadarkan diri kemudian jatuh di kamar mandi secara mendadak bisa jadi karena mengalami serangan stroke.

"Tapi yang paling banyak, kalau di kamar mandi ini adalah dia tidak sadar dulu kemudian jatuh dan orang yang tidak sadar mendadak itu kemungkinan juga karena stroke," pungkas dr Ryu.



Selengkapnya simak penjelasan dr Ryu tentang stroke di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(hrn/up)
News Feed