Senin, 19 Jul 2010 07:47 WIB

Ancaman Kebotakan Akibat Rambut Tambahan

- detikHealth
Jakarta - Memperpanjang rambut dengan menempelkan rambut tambahan atau dikenal dengan hair extension memang bisa membuat seseorang terlihat lebih cantik. Tapi jika teknik ini digunakan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kebotakan.

Kondisi ini pernah dialami oleh model internasional Naomi Campbell yang diketahui mengalami botak yang cukup mengkhawatirkan di kepalanya. Dan kini beberapa selebriti lain seperti presenter TV Tamara Beck juga mengalami hal yang sama. Para ahli mengungkapkan kemungkinan ini disebabkan oleh hair extension.

"Dalam hal ini, hair extension bisa disalahkan. Karena menggunakan hair extension dalam jangka waktu yang lama bisa memberikan tekanan besar ke akar rambut yang dapat menyebabkan masalah tersebut," ujar pakar rambut Marylin Sherlock, ketua Institute of Trichologists, seperti dikutip dari Dailymail, Senin (19/7/2010).

Sherlock menjelaskan kondisi kebotakan paling sering terjadi pada rambut yang berada tepat di atas atau di samping dahi, karena biasanya rambut di daerah tersebut bersifat lebih lemah dan pada umumnya hair extension ditempelkan pada rambut yang asli. Jika hal ini terjadi lama atau dalam jangka waktu beberapa tahun, maka bisa membuat rambut aslinya rontok dan menyebabkan kebotakan.

Selain itu ada juga beberapa kondisi lain yang bisa mempengaruhi kebotakan, seperti trichotillomania atau 'hair pulling' yang menyebabkan kerontokan rambut serta beberapa kondisi psikologis lain. Namun kondisi ini bukanlah suatu awal dari alopecia areata (kebotakan pada titik tertentu).

Hair extension memang memiliki efek yang lebih buruk dibandingkan dengan perawatan lain seperti rebonding atau pengeritingan rambut. Ini karena pada hair extension melibatkan pengikatan dengan rambut alami, sehingga memberikan tekanan lebih atau menarik akar dari rambut alaminya. Selain itu lem perekat yang digunakan terkadang bisa menimbulkan reaksi dengan kulit kepala jika jaraknya terlalu dekat.

Beberapa penata rambut di semua negara juga mengakui bahwa banyak kliennya yang mulai mengeluh mengalami kebotakan setelah menggunakan hair extension. Meskipun teknik ini bisa membuat rambut terlihat lebih tebal dan panjang, tapi juga dapat memicu kebotakan.

Hair extension bisa menggunakan rambut buatan ataupun rambut asli yang ditempelkan dengan menggunakan lem serta proses pemanasan. Para ahli memberikan saran agar penyisipannya jangan terlalu keras serta tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Jika sudah mulai ada tanda kebotakan, maka segera lepaskan hair extension secepat mungkin dan berikan perawatan untuk menumbuhkan rambut kembali. (ver/ir)