Kamis, 30 Des 2010 12:02 WIB

Tips Sehat Selebritas yang Tak Berguna Sepanjang Tahun 2010

- detikHealth
Los Angeles - Para selebritas menerapkan berbagai tips dan perilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Namun tidak semuanya patut ditiru, sebab tips dari para selebritas banyak yang sebenarnya tidak bermanfaat sama sekali.

Sejumlah ilmuwan yang tergabung dalam gerakan Sense About Science (SAS) mengidentifikasi berbagai perilaku hidup sehat yang sesungguhnya tidak sehat di kalangan selebritas. Banyak tokoh yang diamati mulai dari aktor, atlet hingga model atau peragawati.

Gerakan ini menjadi semacam evaluasi rutin yang dilakukan para ilmuwan setiap menjelang akhir tahun. Tujuannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang perilaku apa saja yang bisa dan tidak bisa dicontoh dari para idola.

Dikutip dari Reuters, Kamis (30/12/2010), berikut ini beberapa perilaku dan tips hidup sehat para selebritas sepanjang tahun 2010 yang tidak ada gunanya untuk ditiru.

1. Gelang silikon Power Balance
Sederet selebritas mulai dari atlet hingga peragawati tertangkap kamera sering memakai gelang hologram Power Balance, yang diklaim oleh pembuatnya dapat mendongkrak stamina. Sebut saja pesebakbola David Beckham, pembalap Formula-1 Rube Barichello, aktor Robert de Niro dan model tunangan Pangeran William, Kate Middleton.

Greg Whyte, sport scientist dari Liverpool John Moores University mengatakan aktivitas fisik dengan sendirinya akan meningkatkan penyerapan okksigen sehingga stamina meningkat. Kalaupun gelang berbahan silikon tersebut bisa lebih mendongkrak stamina, hal itu hanyalah efek plasebo.

2. Detoks ekstrem
Sepanjang tahun 2010, supermodel Naomi Campbell, aktor Ashton Kutcher dan pasangannya Demi moore turut bertanggung jawab mempopulerkan diet jus buah yang cukup ekstrem. Selama 2 pekan, para selebritas tersebut bertahan hidup hanya dengan minum jus jeruk dan merica.

"Sesekali, diet semacam ini bagus dilakukan untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuhmu," ungkap Campbell saat diwawancarai presenter kondang Oprah Winfrey pada bulan Mei 2010.

Pengakuan sang supermodel diragukan oleh SAS dalam laporannya. Tanpa didukung bukti ilmiah, metode detoksifikasi ekstrem semacam itu tidak dianjurkan untuk ditiru karena dapat mengganggu metabolisme tubuh secara keseluruhan.

3. Diet arang
Pesona bintang pop asal Inggris, Sarah Harding ketika berada di panggung ternyata tidak mencerminkan kelakuannya di meja makan. Dalam wawancara dengan Now Magazine pada bulan April lalu, ia mengaku selalu memasukkan arang (hasil pembakaran kayu yang tidak hancur jadi abu) dalam menu makannya.

Ahli kimia dari SAS, Dr John Elmsley membenarkan bahwa unsur karbon pada arang dapat menyerap racun ketika berada di dalam tubuh. Namun tidak berarti seesorang harus makan arang utuh, karena di apotek banyak dijual karbon aktif yang tentunya lebih aman untuk digunakan.

4. Diet sperma
Aktor sekaligus petarung bebas Alex Reid sangat terobsesi dengan spermanya sampai-sampai hanya mau mengonsumsi makanan berwarna merah, kuning dan hijau yang diyakininya bisa meningkatkan kualitas sperma. Ia juga membatasi ejakulasi saat berhubungan seks terutama menjelang bertanding, dengan harapan 'sperma supernya' akan terserap kembali dan bisa mendongkrak energi.

"Sperma mengandung banyak nutrisi. Satu sendok sperma setara dengan steak, telur, lemon dan jeruk. Daripada dibuang-buang, lebih baik saya serap lagi menjadi sumber energi," kata Alex.

John Aplin, ahli reproduksi dari University of Manchester mengatakan sperma tidak akan bisa diserap kembali oleh tubuh karena umurnya pendek dan akan mati hanya dalam beberapa hari. Selain itu kandungan nutrisinya sangat kecil, bahkan tidak akan banyak memberikan manfaat sekalipun diminum langsung.



(up/ir)