Kamis, 08 Nov 2012 15:25 WIB

Pria Positif Tes Hamil? Bisa Jadi Tanda Kanker Testis

- detikHealth
(Foto: Thinkstock)
Jakarta - Jika perempuan mendapatkan 2 garis di tes kehamilan, maka kemungkinan ia positif hamil. Tapi bagaimana jika laki-laki yang mendapatkan 2 garis ini? Ada kemungkinan ia terkena kanker testis.

Laki-laki yang namanya belum dipublikasikan ini terkejut ketika melihat ada 2 garis merah muda di testpack kehamilan yang ia gunakan. Awalnya ia melakukan hal ini hanya sebagai bahan bercandaan saja, tapi lebih lanjut kekhawatiran pun muncul.

Beberapa orang memberitahunya bahwa hasil itu ada kemungkinan sebagai petunjuk dari kanker testis. Ia pun berusaha mendapatkan informasi dengan berkonsultasi ke dokter. Hasilnya dokter menemukan adanya benjolan kecil di testis kanan laki-laki tersebut.

Alat tes kehamilan berfungsi mendeteksi beta human chorionic gonadotropin (beta hCG), yaitu hormon dalam darah dan urine yang dihasilkan oleh perkembangan plasenta. Namun para ahli mengatakan beta hCG ini juga bisa menandakan kanker testis.

"Ada sangat sedikit hal di dalam tubuh yang bisa menghasilkan beta hCG, dan kanker testis adalah salah satunya," ujar Dr Mark Pomerantz, ahli onkologi genitourinary dari Dana-Farber Cancer Institute di Boston, seperti dikutip dari ABCNews, Kamis (8/11/2012).

Dr Pomerantz menuturkan jika tumor tertangkap lebih awal, maka kemungkinan dilakukan pembedahan. Namun dalam sebagian besar kasus ditemukan ketika sudah lanjut, meski masih mungkin untuk disembuhkan.

American Cancer Society menuturkan tingkat kelangsungan hidup kanker testis untuk 5 tahun sebesar 99 persen. Bahkan jika penyakit ini telah menyebar ke kelenjar getah bening dan orang lain di dekatnya, maka dibutuhkan radiasi dan kemoterapi. Tapi tingkat kelangsungan hidup 5 tahunnya tetap tinggi yaitu sebesar 72 persen.

"Penyakit ini adalah salah satu dari tumor padat yang dapat disembuhkan dengan baik bahkan jika kondisinya telah menyebar," ungkapnya.

Hasil tes kehamilan yang positif bisa menjadi salah satu petunjuk, tapi tanda pertama dari kanker testis biasanya ada benjolan yang menyakitkan. Setelah diagnosis kanker testis dibuat, hormon beta hCG adalah indikator yang baik dari respons tumor terhadap pengobatan.

"Biasanya benjolan ini bisa terlihat oleh orang itu sendiri. Kami sarankan laki-laki melakukan pemeriksaan sendiri di kamar mandi sebulan sekali, untuk memastikan tidak ada perubahan yang besar di testisnya," ujar Dr Christoper Wood, wakil ketua onkologi di University of Texas MD Anderson Cancer Center, Houston.

(ver/nvt)