IDI Sayangkan Namanya Dicatut untuk Perang Bisnis Kasus Minuman Berbahaya

ADVERTISEMENT

IDI Sayangkan Namanya Dicatut untuk Perang Bisnis Kasus Minuman Berbahaya

- detikHealth
Jumat, 01 Mar 2013 17:15 WIB
Jakarta - Beredar pesan berantai sejumlah produk minuman kemasan mengandung bahan berbahaya melalui BlackBerry Messenger (BBM). Nama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dicantumkan dalam pesan itu. Namun IDI membantah telah mengeluarkan peringatan tersebut.

"Ini tidak penting, hanya perang bisnis," ujar Ketua IDI, dr. Zaenal Abidin MHKes, mengomentari merebaknya pesan berantai tersebut, saat berbincang dengan detikHealth, Jumat (1/3/2013).

Menurut dr Zaenal, sengitnya persaingan bisnis saat ini menjadi dalang dari setiap pesan-pesan yang tidak jelas kebenarannya. IDI pun sudah jengah dengan kabar semacam itu karena memang tidak pernah mengeluarkan peringatan tersebut.

dr Zaenal menjelaskan IDI tidak sembarangan dalam menyebarkan setiap pengumuman penting kepada masyarakat. Jika memiliki pengumuman, maka akan disampaikan secara resmi sesuai dengan prosedur. Pengumuman dari IDI mendapat persetujuan dan tandatangan yang jelas dari ketua dan pengurusnya.

"Berita ini tidak pernah dikeluarkan oleh pihak IDI, namun masih saja banyak yang percaya akan berita tersebut. Setiap berita yang dikeluarkan oleh IDI harus ditandatangani oleh Ketua IDI dan pengurus organisasi besar IDI," jelasnya.

Lalu bagaimana dengan aspartame dalam minuman kemasan yang disebut dalam pesan berantai bisa menyebabkan pengerasan otak atau sumsum tulang belakang?

"Sebaiknya masyarakat mengetahui edukasi mengenai kelebihan dan kekurangan Aspartame sendiri. Aspartame ini banyak digunakan dalam makanan atau minuman diet karena kalorinya yang rendah," ucap dr Zaenal.

Berikut ini isi pesan berantai yang mencatut nama IDI tersebut:

"IKATAN DOKTER INDONESIA (IDI):
Saat ini sedang ada wabah pengerasan otak atau sumsum tulang belakang. Jangan minum produk2:
EXTRA JOSS,
M-150,
KOPI SUSU GELAS,
KIRANTI,
KRATINGDAENG,
HEMAVITON,
NEO HORMOVITON,
MARIMAS,
FRUTILLO,
SEGAR SARI,
POP ICE,
SEGAR DINGIN vit C,
OKKY JELLY DRINK,
INACO,
GATORADE,
NABATI,
ADEM SARI,
NATURADE GOLD,
AQUA SPLASH FRUIT,
karena mengandung ASPARTAME (lebih keras dari Biang Gula) racun yg menyebabkan diabetes, kanker otak dan bisa mematikan sumsum tulang.
***Diteruskan kpd orang2 yang kita cintai dan kita sayangi.***
dr.H.ISMUHADI, MPH
(0811-323601)
Bukan broadcast sampah. sebarin ya bagi yang punya hati emas"



(vit/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT