Selasa, 07 Mei 2013 16:29 WIB

Agar Tak 'Ngiler', Jangan Belanja di Supermarket Saat Lapar

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Jika petang ini Anda akan belanja ke supermarket, pastikan perut Anda sudah terisi. Sebab perut lapar saat berbelanja akan membuat Anda 'mengiler' sehingga kalap saat berbelanja. Ingat, di mata orang lapar, semua makanan terlihat menarik.

Menurut peneliti, saat orang lapar berbelanja, kemungkinan untuk membeli makanan tinggi kalori akan menjadi lebih besar. Demikian dikutip dari Today, Selasa (7/5/2013).

Percobaan pertama dilakukan pada 68 responden. Sekitar 5 jam sebelum wawancara, mereka diminta untuk tidak makan terlebih dahulu, sehingga dipastikan mereka datang dalam keadaan lapar. Setengah dari jumlah responden kemudian diberikan biskuit gandum dan setengahnya lagi tidak diberi makanan apapun.

Kedua kelompok ini kemudian diminta untuk belanja di online store yang menjual makanan berkalori tinggi seperti permen, kudapan bercita rasa asin, dan daging merah. Selain itu, online store ini juga menjual makanan berkalori rendah seperti buah, sayuran, dan daging ayam.

Kelompok yang sebelumnya tidak diberikan makanan apapun cenderung membeli makanan berkalori tinggi lebih banyak. Rata-rata kelompok ini membeli 6 produk kalori tinggi, sementara kelompok yang diberi biskuit membeli 4 produk.

Pada percobaan yang kedua, Brian Wansink, peneliti sekaligus direktur Food and Brand Lab di Cornell University, menganalisa kebiasaan belanja 82 orang di supermarket yang sebenarnya.

Ia membagi responden ini menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama diminta untuk belanja pada pukul 13 hingga pukul 16 (dianggap sebagai waktu setelah makan siang dan orang-orang sudah kenyang) dan kelompok berikutnya diminta untuk belanja pada pukul 16 hingga pukul 17 malam (dianggap sebagai waktu di mana orang-orang merasa lapar).

Kelompok yang pergi belanja pada pukul 16 hingga pukul 19 membeli makanan rendah kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan kelompok yang pergi belanja pada pukul 13 hingga pukul 16.

"Lapar bisa menyebabkan orang belanja makanan tinggi kalori lebih banyak, walaupun mereka tidak menyadarinya," tulis para peneliti dalam jurnal American Medical Association.

Hasil temuan ini menunjukkan bahwa orang-orang harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan hindari situasi lapar ketika akan belanja di supermarket.



(vit/vit)