Jumat, 10 Mei 2013 10:28 WIB

Risiko Kesehatan yang Menghantui dari Pemakaian Ponsel Tak Bijak

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Telepon seluler (ponsel) hadir sebagai hasil cepatnya perkembangan teknologi. Namun gunakanlah handphone dengan bijak. Meski relatif aman, namun jika tidak digunakan dengan bijak maka handphone akan menimbulkan risiko kesehatan.

Berikut ini beberapa risiko kesehatan yang mungkin dihadapi akibat tidak bijaknya penggunaan handphone, seperti dikutip dari Boldsky, Jumat (10/5/2013):

1. Masalah Emosional

Penggunaan hand hone bisa memicu terjadinya nomophobia, yakni salah satu bentuk fobia uang ditandai dengan adanya ketakutan akan kehilangan atau jika jauh dari handphone. Kecanduan hand phone akan membuat emosi seseorang tidak stabil dan seperti tak lagi terhubung dengan dunia nyata.

2. Masalah Pendengaran

Terlalu lama bercakap-cakap dengan menggunakan handphone bervolume keras bisa menyebabkan ketegangan pada gendang telinga. Hal ini bisa menyebabkan sakit telinga atau gangguan pendengaran.

3. Picu Ketidaksuburan

Handphone bisa memicu ketidaksuburan para pria yang suka menaruh alat komunikasi itu di kantong celananya. Sebab radiasi dan panas dari handphone bisa membunuh sperma. Ingat, musuh sperma adalah panas.

4. Menurunkan Daya Ingat

Frekuensi radio dari ponsel mengganggu kemampuan otak untuk menyimpan informasi. Itu sebabnya berlebihan dalam penggunaan ponsel dapat menyebabkan menurunnya daya ingat.

5. Gangguan Tidur

Penggunaan ponsel berlebihan dapat menyebabkan kecemasan dan stres. Kedua hal ini bisa mengganggu waktu tidur Anda.

6. Kelelahan

Radiasi dari ponsel bisa merusak sel dalam otak jika digunakan secara berlebihan. Ketika hal itu terjadi, Anda akan cepat merasa lelah.

7. Sakit Kepala

Ponsel kerap diidentikkan sebagai pemicu sakit kepala. Hal ini karena radiasi dari ponsel menimbulkan rasa berdengung di telinga yang menyebabkan sakit kepala.

(vit/up)