Jumat, 19 Jul 2013 03:46 WIB

Ini Dia Alasan Mengapa Pria Lebih Sehat Jika Pakai Celana Boxer

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/ Thinkstocks Foto: Ilustrasi/ Thinkstocks
Jakarta - Penggunaan boxer atau celana pendek di kalangan laki-laki saat ini masih belum terlalu banyak. Untuk pakaian dalam, laki-laki umumnya masih lebih memilih menggunakan celana dalam dibandingkan dengan boxer. Nyatanya, ada beberapa hal yang berhubungan dengan kesuburan yang menguntungkan para pemakai boxer.

Berikut 4 alasan mengapa penggunaan boxer lebih dianjurkan dibandingkan celana dalam, seperti dilansir Boldsky, Jumat (19/7/2013):

1. Suhu

Testis terletak di luar tubuh karena membutuhkan suhu yang lebih dingin dari suhu tubuh biasa, sedangkan suhu saat mengenakan celana dalam akan jauh lebih hangat dibandingkan saat mengenakan boxer. Penggunaan boxer dirasakan lebih sehat karena memungkinkan suhu di sekitar testis menjadi lebih dingin.

2. Jumlah sperma

Agar testis bisa menghasilkan kualitas dan kuantitas sperma yang ideal, maka suhunya harus lebih rendah daripada suhu tubuh normal. Ketika Anda memakai celana dalam, suhu di sekitar area tersebut akan menjadi hangat. Hal ini tentu akan menghambat produksi sperma. Tetapi jika Anda menggunakan boxer, area tersebut akan menjadi lebih dingin dan produksi sperma tidak akan menurun.

3. Aliran darah yang berlebihan

Ketika testis tertutup dalam ruang kecil, maka suhu di sekitarnya akan menjadi hangat. Selain itu, akan ada aliran darah yang berlebihan ke daerah genital tanpa alasan tertentu. Ini merupakan penyebab pembuluh darah testis membesar. Tak hanya itu, kecepatan dan motilitas sperma juga akan berkurang akibat terlalu tertutup.

4. Ketidaksuburan

Ketika Anda mengenakan boxer, suhu skrotum tidak akan naik dan akan tetap dingin sehingga dapat tetap menghasilkan sperma. Penggunaan celana dalam, apalagi jika terlalu ketat, akan menghambat produksi dan pergerakan sperma. Ini tentu akan berpengaruh terhadap kesuburan laki-laki.

Efek ketidaksuburan merupakan alasan kesehatan utama mengapa laki-laki lebih baik menggunakan boxer. Sebab, boxer meningkatkan kesehatan reproduksi laki-laki dan mengurangi risiko penurunan jumlah sperma serta risiko ketidaksuburan.

(vit/vit)