Senin, 05 Agu 2013 11:04 WIB

Tetap Sehat Saat Mudik

Ibu Hamil atau Menyusui Akan Mudik? Perhatikan Hal Berikut Terlebih Dahulu

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock) ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Saat ini banyak warga yang sudah mulai mudik ke kampung halaman, tak terkecuali ibu yang hamil dan menyusui. Oleh karena itu, diperlukan persiapan khusus agar ibu hamil dan menyusui tetap dapat melakukan mudik dengan aman dan tetap sehat.

"Apa yang harus dipersiapkan oleh ibu hamil dan menyusui sangat bergantung pada jarak perjalanan yang akan ditempuh olehnya. Namun yang paling penting diingat adalah selalu sediakan waktu untuk ibu beristirahat," ujar dr Ali Sungkar, SpOG, dokter ahli kandungan dan kebidanan Divisi Fetomaternal RS Cipto Mangunkusumo, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Senin (5/8/2013).

Definisi istirahat tersebut menurut dr Ali tidak harus dengan berposisi benar-benar rebahan, yang paling penting posisi tersebut bisa membuat ibu hamil dan menyusui merasa rileks. Selain itu, selalu sediakan air minum yang cukup untuk ibu, apalagi untuk ibu menyusui yang tidak boleh mengalami dehidrasi. Bagaimana dengan konsumsi susu hamil atau menyusui?

"Tidak wajib untuk ibu hamil maupun menyusui untuk mengonsumsi susu khusus, yang penting cukupkan minum air putih. Ada baiknya juga untuk tetap mengonsumsi suplemen multivitamin seperti yang telah diberikan oleh dokter," ungkap dr Ali, yang kini juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan ibu hamil dan menyusui yang ingin melakukan perjalanan mudik:

1. Menjaga kebersihan makanan dan minuman

Makanan dan minuman yang tak terjaga kebersihannya bisa menimbulkan risiko demam atau diare. Padahal diare bisa menimbulkan kontraksi yang lebih dini, khususnya untuk usia kehamilan 7 bulan ke atas. Sedangkan bagi ibu menyusui juga harus tetap berhati-hati karena apapun yang dikonsumsi akan berpengaruh pada produksi ASI.

2. Sediakan air mineral botol dalam jumlah banyak

Air mineral botol selain digunakan untuk menjaga asupan cairan ibu tetap terjaga dan terhindar dari dehidrasi, juga bisa digunakan untuk membilas jika ibu ingin buang air kecil di toilet umum. Sebab tidak semua toilet menyediakan air bersih, untuk itu selalu sediakan air mineral botol jika tidak ada air bersih agar terhindar dari kuman ataupun bakteri yang berbahaya.

3. Konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu

Perlu diingat juga bahwa untuk pastinya, lebih baik ibu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter masing-masing agar diberi obat tambahan atau anjuran tertentu agar perjalanan ibu hamil dan menyusui tetap lebih aman dan sehat.



(vit/vit)
News Feed