Selasa, 13 Agu 2013 16:55 WIB

Sakit Gigi? Yuk Obati Sementara dengan 10 Bahan Alami Ini

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Sakit gigi merupakan pengalaman buruk bagi siapa saja yang pernah mengalaminya. Selain membuat kita tak bisa makan dengan nyaman, sakit gigi juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Pengobatan utama tetap harus dilakukan oleh dokter gigi, namun ada beberapa bahan alami yang sementara dapat membantu meredakan nyeri yang Anda alami.

Berikut 10 bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membantu meredakan sakit gigi, seperti dilansir Boldsky, Selasa (13/8/2013):

1. Es batu

Penggunaan es batu pada pipi di sisi yang terkena sakit gigi merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi sensasi nyerinya. Anda bisa juga menggunakannya dengan cara membungkus es batu dengan handuk dan meletakkannya di gigi yang nyeri. Tetap lakukan hal ini setiap 20 menit sekali untuk merasakan manfaatnya.

2. Air garam hangat

Campur 1 sendok teh garam dengan segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur. Garam memiliki sifat penyembuh alami yang bisa menenangkan jaringan iritasi dan membuang bakteri keluar.

3. Mentimun beku

Apakah kamu menyukai mentimun? Jika ya, maka akan sangat menguntungkan gigi. Potong beberapa irisan mentimun tebal yang telah didinginkan atau beku. Vitamin dan mineral yang terdapat di dalam mentimun dapat meringankan rasa sakit gigi.

4. Minyak cengkeh

Teteskan minyak cengkeh pada kain kasa atau kapas, kemudian letakkan pada gigi yang sakit. Anda akan mendapatkan manfaatnya langsung, sebab minyak cengkeh digunakan sebagai antiseptik untuk berbagai tujuan.

5. Minyak oregano

Minyak oregano juga merupakan bahan rumahan yang sangat baik untuk meredakan sakit gigi. Penerapannya serupa dengan minyak cengkeh, teteskan minyak oregano pada kain kasa atau kapas, kemudian letakkan pada gigi yang sakit.

6. Peppermint

Jika Anda mengalami sakit gigi, cobalah untuk mengunyah daun peppermint. Peppermint merupakan salah satu ramuan alami yang memiliki sifat anestesi. Jika Anda mengunyah peppermint untuk beberapa waktu, maka hal ini akan membantu mengurangi rasa sakit gigi.

7. Kantong teh

Ambil kantong teh hitam dan hangatkan di dalam air mendidih. Setelah itu, letakkan di daerah gigi yang sakit. Ini akan meredakan sakit pada gigi Anda sebab teh hitam memiliki sifat yang mampu mengurangi nyeri.

8. Bawang putih

Hancurkan sesiung bawang putih, kemudian tambahkan garam dan letakkan pada gigi yang sakit. Selain itu Anda juga bisa mengunyah 1 atau 2 siung bawang putih untuk mengurangi rasa sakit.

9. Bawang merah

Selain bawang putih, bawang merah juga merupakan obat yang baik untuk meredakan sakit gigi. Jika memungkinkan, cobalah untuk mengunyah bawang merah. Jika Anda tak menyukai aroma bawang merah, Anda bisa memotong bagian kecil bawang merah dan digigit di bagian gigi yang sakit.

10. Merica dan garam

Campur garam dan merica dalam beberapa tetes air dan buatlah menjadi pasta. Oleskan langsung pada gigi yang sakit, diamkan selama minimal 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi proses ini setiap hari untuk mendapatkan bantuan yang tepat untuk meredakan nyeri gigi.

(vit/vit)