Rahasia Tubuh Bugar Asyifa Latief: Move, Move, and Move!

ADVERTISEMENT

Rahasia Tubuh Bugar Asyifa Latief: Move, Move, and Move!

- detikHealth
Jumat, 04 Okt 2013 09:34 WIB
Asyifa Latief (Foto: Dian/detikHealth)
Jakarta - Bukan rahasia lagi jika pola hidup sehat merupakan cara ampuh untuk menjaga kebugaran tubuh agar terhindar dari segala macam penyakit. Termasuk yang dilakukan aktris dan pembawa acara Asyifa Latief (25).

Untuk menjaga tubuhnya tetap fit, selain menerapkan pola makan teratur dan bergizi, gadis yang akrab disapa Syifa ini juga selalu menyempatkan berolahraga, meskipun itu diakuinya agak sulit

"Saya push diri saya dan teman-teman bahwa secapek-capeknya kita, mulai dari sekarang kurangi junkfood dan ayo move, move, and move. Gerak sedikit aja. Mau cuma stretching, di dalam rumah atau pegangan di pagar terus angkat dan turunkan badan tiga puluh kali aja misalnya, itu cukup, asal rutin dilakukan," tutur Syifa.

"Apalagi sekarang juga banyak wanita karir yang disibukkan dengan pekerjaan. Makanannya jadi pilih yang cepet aja, olahraga nanti saja kalau akhir pekan, ternyata waktu akhir pekan lebih baik tidur karena habis lembur. Kalau begitu terus kapan kita mau mulainya," tambah dara kelahiran Bandung, 20 September ini.

Hal itu diutarakan Syifa usai Press Conference Reebok Pink Ribbon Fun Walk 2013 di CityWalk Sudirman, Jl KH. Mas Mansyur, Jakarta Pusat, dan ditulis pada Jumat (4/10/2013).

Syifa mengaku dirinya memang sudah rutin berolahraga sejak dulu. Misalnya, saat SMA ia sudah ikut kelas yoga, pilates, dan renang. Sekarang, ditambah lagi dengan rutin nge-gym dua sampai tiga kali seminggu. Namun, jika tidak sempat nge-gym, Syifa akan jogging di sekitar komplek rumahnya saja.

"Olahraga sederhana lainnya, bisa naik turun tangga misalnya lima anak tangga sebanyak lima belas kali. Atau pegangan tiang atau pagar ya yang paling sederhana, angkat dan turunin badan. Atau yang paling enak ya berenang, bisa banyak keliling sambil main air juga," imbuhnya.

Selain rutin berolahraga, pemilik nama lengkap Asyifa Syafiningdyah Putrambami Latief ini juga mengatur pola makannya dengan sebaik mungkin. Jika ingin makan roti, Syifa memilih roti gandum ketimbang roti putih. Nasi putih pun ia ganti dengan nasi merah. Saat ada jadwal syuting pagi hari, gadis yang menyabet gelar Miss Indonesia 2010 ini menyiasatinya dengan mencari sarapan yang tepat namun tetap bergizi.

"Saya bawa pisang atau sandwich yang isinya rougat kan itu banyak sayurnya. Pokoknya sebisa mungkin enggak beli makanan yang cepat saji gitu, cepat prosesnya tapi lemak di mana-mana, enggak deh," katanya.

Dalam kesehariannya, Syifa biasa menjadikan sereal sebagai menu sarapan, yang terkadang dicampur dengan susu rendah lemak. Jika tidak sempat membuat sereal, maka ia memilih pisang dan susu kedelai sebagai menu pengganti. Saat tiba waktu makan siang, nasi putih ia ganti dengan nasi merah yang dilengkapi dengan sepotong lauk, satu porsi sayur, dan buah.

"Malam tetap makan terutama kalau mau syuting yang mulai jam dua sampai jam empat, sampai pagi. Makan malamnya lebih ringan dari porsi siang, kadang buah aja, kayak apel satu buah itu cukup atau nanas semangkuk karena buah kan juga harus kita atur kadar gulanya, harus kita kunyah dengan baik," papar Syifa.

Meski tetap menjaga pola makan dan rutin berolahraga, beberapa bulan yang lalu Syifa juga sempat terkena typhus. Diakuinya, hal itu terjadi karena ia terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas sampai lama-lama ia merasa perutnya tidak nyaman dan lambungnya pun luka.

"Dari situ udah kapok banget deh. Nyiasatin biar enggak kena typus lagi hindari makanan asam sama pedas, jangan terlalu ekstrim. Lagian rasanya kan juga cuma sampai di lidah aja, abis gitu hilang," katanya sembari tertawa.

Terkait jam istirahat, Syifa berusaha untuk bisa tidur dengan waktu yang cukup yaitu dengan membatasi waktu tidur paling malam yakni jam sepuluh atau setengah sebelas malam, terutama jika ia harus bangun jam empat pagi untuk memandu acara olahraga.

Selain olahraga, istirahat cukup, dan pola makan teratur, jamu juga menjadi salah satu rahaisa Syifa agar tubuhnya tetap sehat, lho. Gadis yang hobi menari sejak kecil ini mengaku sangat suka minum jamu kunyit asam dan beras kencur. Kunyit asam dikatakan Syifa membuat tubunya segar. Terutama saat menstruasi, kunyit asam kadang ampuh meringankan nyeri perut yang sering dirasakannya.

"Aku juga suka minum teh jahe karena itu anget banget ke badan dan kayaknya sekalian untuk hindari masuk angin ya, meskipun aku juga belum tau dampak signifikannya seperti apa," ucap Syifa.

Dalam hal minum jamu, ia mengatakan tidak ada patokan waktu khusus kapan ia harus minum jamu.

Terkait dengan kepeduliannya terhadap kanker payudara, Syifa mengimbau semua orang, terutama para perempuan, untuk bisa mendeteksi dini penyakit tersebut. "Siapa sih yang tahu kondisi badan kita kalau bukan kita sendiri. Misalnya di badan saya ada benjolan waktu mandi atau pas angkat tangan kok sakit," katanya.

Selain deteksi dini, ia juga berharap banyak orang sudah mulai bisa mengubah gaya hidupnya dengan banyak berolahraga meskipun tidak terlalu lama tapi rutin serta selalu menjaga pola makan, terutama dengan menambah asupan sayur dan buah.

"Kalau nggak suka sayur coba dijadikan salad tapi kurangi mayonesnya ya. Coba makan sayur-sayuran rebus, makan buah-buahan segar tanpa harus dijus dan atau buah yang dikemas. Kurangi makanan yang digoreng, lebih baik pilih makanan yang direbus atau dikukus," tutur Syifa.

(vit/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT