Selasa, 22 Okt 2013 18:02 WIB

Jus Kulit Manggis Bisa Sembuhkan Kanker Payudara? Ini Kata Dokter

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Selain dilakukan pengobatan medis melalui tindakan seperti penggunaan obat, radiasi, kemoterapi, terapi hormonal, hingga operasi, sebagian orang menggunakan terapi alternatif lain untuk mengatasi kanker payudara. Salah satunya rutin mengonsumsi jus kulit manggis. Benarkah konsumsi jus ini ampuh sembuhkan kanker?

"Saya sering ditanya pasien tentang terapi di luar medis seperti konsumsi jus kulit manggis dan daun sirsak untuk kanker payudara. Kita sebenarnya tidak bisa sepenuhnya memastikan, karena ada orang-orang yang membuat testimonial bahwa berobat dengan cara ini memberi efek bagus," ujar dr Ronald A. Hukom, MHSc, SpPD-KHOM, dokter spesialis penyakit dalam, divisi hematologi dan onkologi medik RS Kanker Dharmais.

Hal tersebut ia sampaikan dalam acara konferensi pers 'Philips Mom2Mom Talk: Selamatkan Nyawa Dengan Deteksi Dini', yang diselenggarakan di The Cone fX Sudirman, Jl Jend Sudirman, Jakarta, Selasa (22/10/2013).

"Ini pilihan, yang bisa saya katakan hanya hati-hati. Kita harus pastikan ada data-data pendukung untuk bisa memastikan bahwa ia (jus kulit manggis dan daun sirsak) memang bisa digunakan secara universal," tutur dr Ronald.

Universal yang dimaksud oleh dr Ronald adalah memang cocok digunakan pada semua pasien dengan kanker payudara. Sebab cocok di satu orang belum tentu cocok pada orang lain. Jadi, harus bisa dipastikan jika memang ada penelitiannya. Sehingga bisa dipastikan bahwa ini bukanlah sekadar kebetulan bisa menyembuhkan saja.

Untuk pengobatan lebih lanjut dari kanker payudara, disarankan untuk memeriksakan ke dokter spesialis agar bisa diatasi dengan tindakan medis yang memang sesuai dengan kondisi pasien. Semakin cepat diatasi dengan tepat, maka semakin tinggi kemungkinan pasien akan sembuh.

"Pengobatan kanker itu harus sesuai dengan stadium. Kalau mau diteruskan tetap harus hati-hati," tegas dr Ronald.

(ajg/vit)