ADVERTISEMENT

Kamis, 14 Nov 2013 17:17 WIB

Dokter Gizi: Jika Petai Bisa Obati Kanker, Tentu Ada Dosisnya

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Kabar yang beredar di BlackBerry Messenger (BBM) menyebut petai ampuh mengatasi kanker. Menanggapi hal ini, dokter gizi dr Titi Sekarindah, MS, SpGK., mengatakan pernah membaca artikel penelitian petai yang mengandung properti antikanker di Malaysia. Jika benar, tentunya ada dosis yang harus diperhatikan.

"Saya pernah baca ada penelitian famakologi di Universitas Kebangsaan Malaysia di mana di sana menyebut petai memiliki properti antikanker. Tapi ini kan masih penelitian. Kalaupun benar, yang penting dosisnya. Kalau memang ingin sehat tentu dosis tidak boleh berlebihan," kata dr Titi dalam perbincangan dengan detikHealth, Kamis (14/11/2013).

dr Titi menambahkan memang benar ada zat dari tumbuhan yang bisa membantu menyembuhkan penyakit. Akan tetapi sebaiknya dimakan atau diminum sebagai tambahan saja, dengan sepengetahuan dokter. Sebab dokter yang lebih tahu bagaimana mengatasi suatu penyakit. Apalagi obat yang diberikan dokter ada dosisnya yang bisa dikurangi atau ditambah berdasarkan kondisi pasien.

"Ada yang bilang petai bagus untuk masalah konstipasi, lalu bisa memberikan rasa rileks, antidepresi, dan perasaan tenang. Tapi jangan langsung makan banyak-banyak, karena apapun yang berlebihan pasti tidak baik," tutur dr Titi.

"Pete memang kaya gizi, karena tinggi protein, fosfor, dan vitamin seperti vitamin E dan B1. Jadi bisa saja beberapa kandungan di dalamnya itu bisa untuk antikanker," imbuhnya.

Sebelumnya beredar di BlackBerry Messenger (BBM) tentang khasiat ajaib petai. Informasi yang tidak jelas asal-usulnya memang kerap beredar. Jika menerima informasi yang tidak jelas, jangan langsung dipercaya, tapi konfirmasikan dulu kepada yang berkompeten. Nah, berikut ini isi BBM tentang manfaat petai untuk membasmi kanker:

KABAR BAIK DARI PETE.
Ternyata PETE merupakan produk ajaib untuk membunuh sel KANKER & 10.000x lebih kuat dari KemoTerapi. Spt diketahui, pohon pete dikenal varietas pete dan petai. Kita bisa makan buah itu dengan cara dimakan langsung, di jus, minuman siap saji, sorbets, kue, dll.

Hal ini menghasilkan banyak kebaikan, tapi yang paling menarik adalah efek yang dihasilkan pada kista dan tumor. Buah ini adalah obat yang terbukti melawan semua jenis kanker. Pete dianggap juga sebagai spektrum anti mikroba terhadap infeksi bakteri dan jamur, efektif terhadap parasit internal dan cacing, dpt mengatur tekanan darah yang terlalu tinggi & berguna sbg anti depresan, memerangi stres dan gugup.

Sumber informasi menarik ini berasal dari salah satu produsen obat terbesar di dunia yg mengatakan bahwa setelah lebih dari 20 tes laboratorium yang dilakukan sejak tahun 1970, terungkap bahwa: Pete bisa menghancurkan sel-sel ganas di 12 kanker, termasuk kolon, payudara, prostat, paru-paru dan pankreas.

Senyawa buah ini menunjukkan 10.000 kali lebih baik dari produk adriamycin, obat kemoterapi biasanya digunakan di dunia, memperlambat pertumbuhan sel kanker. Dan bahkan yg lebih mencengangkan: jenis terapi dengan ekstrak pete hanya menghancurkan sel-sel kanker ganas & tdk mempengaruhi sel-sel sehat.

Institute of Health Sciences, 819 Sweden Riset Biosains. L.L.C. Cause Street.Selamat untuk yg. Doyan makan pete.


(vit/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT