Minum Soda Setelah Makan Durian Bisa Mematikan? Dokter: Itu Mitos

ADVERTISEMENT

Minum Soda Setelah Makan Durian Bisa Mematikan? Dokter: Itu Mitos

- detikHealth
Kamis, 13 Feb 2014 07:34 WIB
Durian tembagan Sumsel (dok: Afif/detiktravel)
Jakarta - Kabar burung menyebutkan bahwa minum soda setelah makan durian dapat menimbulkan kematian jantung mendadak. Nah, beberapa dokter mengungkapkan bahwa hal tersebut belum terbukti secara medis.

Menurut dr Errawan R Wiradisuria Sp.B(KBD), M.Kes, spesialis bedah dari RS Premier Bintaro, minum minuman soda setelah mengonsumsi durian tidak lantas membuat seseorang langsung meninggal saat itu juga.

"Secara ilmiah tidak ada hubungannya makan durian minum soda lalu meninggal. Hanya mungkin ada efek kembung yang dirasakan, karena soda kan mengandung gas dari bubble-nya itu. Durian juga salah satu makanan yang menimbulkan gas. Jadinya menimbulkan efek kembung," jelas dr Errawan.

Sementara itu, dr Santoso Karo Karo, SpJP, MPH(K), spesialis jantung dari RS Mitra Kemayoran, menyebutkan bahwa sampai saat ini belum ada penelitian yang menyatakan bahwa seseorang bisa meninggal akibat minum minuman soda setelah makan durian.

"Sebaiknya ibu hamil dan mereka yang memiliki hipertensi atapun diabetes tidak banyak-banyak mengonsumsi durian dan minuman bersoda, sebab bisa menyebabkan tekanan darah dan gula naik. Dalam 100 gram durian terdapat 100-120 kalori," ungkapnya kepada detikHealth dan ditulis pada Kamis (13/2/2014).

Sebelumnya beredar di BlackBerry Messenger (BBM) tentang efek buruk yang ditimbulkan jika seseorang minum soda setelah makan durian. Meski belum jelas darimana asal-usulnya, namun informasi ini kerap beredar. Nah, berikut ini isi BBM tentang efek mematikan minum soda setelah makan durian:

Untuk pecinta durian.
Hati-hati, durian VS minuman soda: Racunnya lebih dahsyat dari racun ular Cobra. Banyak turis atau orang asing bepergian ke Thailand. Mereka makan banyak durian dan minum soda, keracunan kafein terjadi yang disebabkan oleh lonjakan tekanan darah, hasilnya menyebabkan kematian jantung mendadak. Hal ini terjadi pada remaja berusia 28 tahun. Mayoritas penduduk Thailand tahu jelas bahwa setelah makan durian dalam waktu 8 jam tidak boleh minum soda.

Penggemar durian itu banyak. Mari meneruskan berita ini ke sesama untuk mencegah dan mengingatkan mereka. Bahkan jika Anda sudah baca, biarkan semua orang tahu itu. Selain soda, kopi, bir, dan jenis minuman alkohol lain akan mengakibatkan keracunan pada jantung juga setelah konsumsi durian. Bagikan info ini kepada teman-teman, kerabat, dan saudara Anda yang terkasih. Semoga bermanfaat.




(ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT