Jumat, 21 Feb 2014 07:31 WIB

4 Olahraga yang Disukai Wanita dan Wajib Dicoba Para Pria

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Laki-laki dan perempuan butuh berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Meski kebutuhannya sama, kultur yang berkembang telah melabeli jenis olahraga tertentu sebagai olahraga khusus laki-laki atau perempuan saja.

Beberapa olahraga yang dianggap khusus perempuan, nyatanya bermanfaat juga untuk laki-laki. Beberapa jenis olahraga 'perempuan' yang harus dicoba oleh laki-laki antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari News.com.au, Jumat (21/2/2014):

1. Barre
Kombinasi antara gerakan ballet dengan yoga ini bisa menurunkan berat badan, banyak disukai perempuan yang merasa gemuk. Gerakan lain yang dikombinasikan dalam olahraga ini adalah angkat beban, dan gerakan-gerakan untuk memperkuat core muscle atau otot-otot inti tubuh.

"Anggapan umum tentang laki-laki penari (yang gemulai) mungkin menjauhkan para laki-laki dari olahraga ini," kata Ben Greenfield, CSCS, dari Ben Greenfield Fitness.

Namun dikatakan oleh Ben, gerakan yang lembut dan teratur sangat membantu laki-laki dalam membakar kalori. Bagi otot perut, olahraga ini lebih memberikan tantangan dibanding olahraga perut biasa misalnya crunch. Laki-laki mana yang tidak ingin punya perut six pack?

2. Pilates
Perempuan sangat menyukai olahraga ini karena tidak terlalu banyak gerakan, tetapi bisa membakar kalori dalam jumlah yang menakjubkan. Selain itu, pilates juga melatih kekuatan dan kelenturan otot.

Kelas-kelas pilates umumnya didominasi perempuan, sedangkan laki-laki lebih memilih angkat berat atau latihan-latihan yang lebih 'jantan'. Padahal, pilates melatih kelenturan otot. Tanpa otot yang lentur, gerakan olahraga para laki-laki seperti lunges (melangkah lebar) dan squat (jongkok) akan sulit dilakukan dengan sempurna.

3. Zumba
Zumba disukai para perempuan karena efektif membakar 10 kalori per menit, lebih banyak dibanding olahraga sejenis seperti aerobik. Gerakan zumba juga memperkiat otot-otot inti tubuh atau core muscle, sehingga bagus untuk meratakan perut.

Laki-laki yang hanya ingin membentuk massa otot, boleh mengabaikan olahraga ini. Tapi bagi yang ingin meningkatkan kebugaran, zumba adalah pilihan yang sangat tepat. Bukan cuma lebih bugar, orang yang rutin melakukan zumba akan mengalami peningkatan performa dalam hal mobilitas dan koordinasi ototnya.

4. Sepeda statis
Stigma bahwa sepeda statis hanya untuk perempuan memang tidak terlalu kuat, tetapi sebagian lelaki menganggapnya kurang menantang. Bahkan cenderung membosankan.

Anggapan ini akan berubah bila para lelaki mengetahui manfaat sesungguhnya dari spinning atau mengayuh sepeda statis. Selain membakar banyak kalori, olahraga ini juga efektif membentuk otot-otot bagian bawah terutama kaki.



(up/vit)