Senin, 03 Mar 2014 10:20 WIB

Sering Nyeri Perut Bagian Bawah? Mungkin Inilah Sebabnya

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Bukan hanya kembung atau masuk angin saja yang bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit perut. Sakit perut bisa disebabkan oleh banyak hal, begitu pula dengan serangan pada perut bagian bawah.

Dunia medis menganggap perut sebagai suatu kotak pandora. Dalam mitologi Yunani, kotak tersebut dikisahkan merupakan kotak yang mengeluarkan berbagai masalah ke dunia, tetapi juga menyisakan harapan. Perut dianggap seperti kotak pandora karena sakit pada perut bisa diakibatkan banyak hal sehingga sulit diidentifikasi sebabnya.

Bantuan hasil tes laboratorium dan pemindaian ultrasonik merupakan keharusan dalam beberapa kasus sakit perut. Meski demikian, penyebab nyeri di perut bagian bawah masih bisa didignosis berdasarkan lokasi yang terasa sakit.

Apapun penyebabnya, sakit perut adalah kondisi yang tidak mudah diatasi. Penyebabnya dapat bervariasi dari gangguan pencernaan ringan hingga kondisi serius seperti karsinoma atau kanker. Hal yang harus dicamkan, mendapat penanganan medis sedini mungkin sangatlah penting. Diagnosis dan penanganan lebih awal dapat membantu pasien untuk memperoleh kesembuhan.

Gangguan apa saja yang dapat menyebabkan sakit pada perut bagian bawah? Dikutip dari Boldsky, Senin (3/3/2014), inilah beberapa penyebab umum nyeri pada perut bagian bawah:

1. Gangguan pencernaan
Anda pasti pernah mengalami sakit perut yang disebabkan oleh gangguan pencernaan, setidaknya minimal sekali seumur hidup. Kondisi ini lumrah terjadi. Meskipun demikian, sakit perut yang disertai muntah-muntah, diare, atau kelelahan perlu lebih diwaspadai. Sebab sakit perut yang disertai gejala itu biasanya disebabkan karena keracunan makanan.

2. Kram menstruasi
Kram menstruasi merupakan pengalaman tak menyenangkan yang dihadapai para wanita. Secara umum, nyeri perut karena menstruasi tidak memerlukan pengobatan medis dan hanya membutuhkan penanganan rumahan. Namun dalam beberapa kasus, penyebab kram perut saat menstruasi bisa jadi merupakan hal yang harus diwaspadai. Sebab fibrosis atau kista juga menyebabkan nyeri perut yang teramat dan tidak biasa pada saat menstruasi.

3. Usus buntu
Usus buntu merupakan salah satu penyebab nyeri perut bagian bawah yang umum terjadi. Usus buntu terjadi ketika bagian kecil pada usus besar yang disebut appendiks mengalami infeksi. Infeksi itu menyebabkan rasa sakit teramat yang menusuk bagian kanan perut bawah yang disertai dengan mual, muntah, dan demam.

4. Radang panggul
Radang panggul mengacu pada infeksi yang terjadi pada organ dalam wanita yang berada di seputar panggul, termasuk rahim, tuba falopi, indung telur, dan leher rahim. Gejala klinis awal yang bisa dideteksi dari radang panggul adalah rasa sakit pada perut bagian bawah. Diagnosis sedini mungkin sangat penting dilakukan untuk menghindari persebaran infeksi.

5. Radang Prostat
Salah satu gangguan yang menyebabkan rasa sakit pada perut bagian bawah adalah radang prostat. Prostitis atau radang prostat terjadi ketika kelenjar prostat mengalami infeksi. Gejala klinis radang prostat adalah rasa sakit ketika buang air kecil, nyeri di sekitar testis, atau sakit pada perut bagian bawah.

6. Gangguan ginjal atau kandung kemih
Penyakit yang berhubungan dengan ginjal atau kandung kemih biasanya juga menyebabkan rasa sakit pada perut bagian bawah. Batu ginjal adalah salah satu penyebab yang paling memungkinkan. Batu ginjal menimbulkan rasa sakit yang meluas hingga ke bagian belakang perut bawah. Karsinoma kandung kemih dan infeksi saluran kencing serius juga menyebabkan nyeri pada perut bagian bawah.



(vit/vit)