Rabu, 26 Mar 2014 17:16 WIB

Tak Cukup Berdoa Saja, Tanpa Usaha Tentu Penyakit Tak Mudah Sembuh

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. TB ditularkan melalui udara dari percikan dahak penderita TB ketika mereka sedang batuk, bersin, berbicara atau meludah. Jika ingin sembuh tentu perlu ikhtiar dari pasien untuk mencari pengobatan, di samping tetap berdoa kepada Tuhan.

Para penderita TB sendiri terkadang malu jika orang-orang mengetahui bahwa mereka terkena penyakit tersebut. Karena stigma yang beredar di masyarakat sampai saat ini yaitu, penyakit TB adalah penyakit yang hanya diderita oleh masyarakat menengah ke bawah. Hal itu menyebabkan para penderita tersebut malu untuk memeriksakan diri dan membiarkan penyakit tersebut, sehingga mereka tidak mendapatkan penanganan sampai selesai dan sembuh.

Pada dasarnya semua penyakit itu berkaitan dengan pola hidup, terutama dengan pola hidup yang bersih. Karena kebersihan merupakan modal dasar untuk menangkal penyakit-penyakit lain, tidak hanya tuberkulosis saja.

"Sebenarnya semua agama itu sangat menggaris bawahi pentingnya hidup sehat, di dalam doa kebanyakan umat meminta keselamatan dan juga kesehatan. Penyakit TB ini bukan hanya penyakit yang dirasakan oleh penderitanya saja, karena yang menderita juga dijauhi oleh orang," kata dr. KH. Masdar dari PBNU, saat hadir dalam acara 'Putus Mata Rantai TB dengan Pengobatan Tuntas' dalam rangka memperingati hari TB sedunia, di Epicentrum Walk, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Ia menambahkan pada dasarnya semua penyakit itu ada obatnya dan telah disediakan. Masyarakat jangan hanya berdoa saja ketika terserang suatu penyakit, tetapi juga harus berusaha. Karena pada dasarnya doa itu merupakan motivasi, ketika seseorang berdoa ia termotivasi untuk melakukan doanya tersebut. Ia juga menyarankan kepada tokoh agama untuk mengangkat pola hidup sehat ketika mereka melakukan dakwah.

"Dari pada melemparkan bom ke orang, lebih baik ibaratnya melemparkan TB saja. Doa saja tidak cukup harus ada usahanya juga. Kalau hanya berdoa saja dan tidak berusaha itu sama saja meledek dan bercanda dengan Tuhan," kata dr Masdar.

Sesuai dengan slogan yang mengatakan bahwa kebersihan sebagian dari iman seharusnya masyarakat yang beriman benar-benar menjalankan pola hidup bersih tersebut. Mulailah dari lingkungan sekitar dan hal-hal kecil, seperti kamar tidur atau lingkungan rumah.



(vit/vit)
News Feed